PMI Data Kebutuhan Dasar Korban Banjir Lahar di Sumbar

  • Share

Ilustrasi : PMI salurkan bantuan korban bencan alam.(MI/Lina Herlina)

PALANG Merah Indonesia (PMI) melakukan asesmen terkait kebutuhan dasar diperlukan para korban banjir bandang lahar dingin Gunung Marapi, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).
  
“Saat ini bupati mendata dulu sejauh mana anggaran pemerintah untuk menangani bencana ini. Kalau kurang, PMI akan membantu apa yang bisa segera dilakukan,” kata Ketua Umum PMI Muhammad Jusuf Kalla saat meninjau lokasi banjir bandang lahar dingin di Kabupaten Agam, Selasa (14/5).

Dalam kunjungan ke lokasi bencana, Wakil Presiden RI Ke-10 dan 12 tersebut menyampaikan anggota dan relawan PMI siap bekerja serta membantu masyarakat di lokasi terdampak bencana.

Berkaca dari kejadian bencana sebelumnya, umumnya pertolongan yang dibutuhkan masyarakat, di antaranya air bersih, obat-obatan, pakaian, makanan dan minuman, tempat tidur, dan lain sebagainya.

Baca juga : 29 Korban Banjir Bandang di Tanah Datar Sumbar Belum Ditemukan

Khusus penanganan air bersih dan sanitasi di lokasi terdampak bencana, PMI mampu bekerja hingga enam bulan. Hal yang dilakukan relawan seperti perbaikan pipa-pipa air dan lainnya.

JK, sapaan akrab Jusuf Kalla, mengatakan organisasi kemanusiaan yang dipimpinnya juga siap membantu rekonstruksi serta rehabilitasi pascabencana lahar dingin pada Sabtu malam (11/5).

Ia menegaskan PMI juga siap membantu menyediakan darah apabila ada penyintas yang masih dirawat di sejumlah rumah sakit. Saat ini ketersediaan darah di lima unit donor darah (UDD) wilayah itu juga siap membantu masyarakat.

“PMI ini bekerja secara nasional. Kalau Kabupaten Agam kekurangan darah, bisa dibantu daerah lain. Namun, kalau masih kurang juga, bisa dipasok dari Jakarta,” ucapnya. (Ant/P-5)

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *