Pesawat SpaceX Elon Musk Tak Kunjung Siap, Miliarder Jepang Batalkan Misi Mengelilingi Bulan

  • Share

TEMPO.CO, Jakarta – Miliarder asal Jepang, Yusaku Maezawa, membatalkan rencana mengelilingi bulan bersama pesawat luar angkasa Starship besutan SpaceX. Pembatalan ini dipicu oleh jadwal penerbangan yang masih tertunda hingga batas waktu yang tidak ditentukan. Walhasil keinginan Maezawa keliling bulan dengan koleganya berujung gagal.

Maezawa sudah memesan tiket mengelilingi bulan dengan Starship SpaceX sejak 2018 lalu. Dia mengajak temannya yang juga anggota kru pembuat film Brendan Hall, musisi Choi Seung Hyunm, DJ Steve Aoki dan youtuber Tim Dodd. Sebelum dibatalkan, Maezawa sempat ditawari untuk berangkat pada 2023 lalu, namun tetap tidak terealisasi.

“Masih belum pasti kapan Starship dapat diluncurkan. Saya tidak bisa merencanakan masa depan saya dalam situasi ini,” kata Maezawa lewat unggahan di media sosial X pribadinya, dikutip The Verge, Kamis, 6 Juni 2024. Dia menyampaikan bahwa jadwal penerbangan yang tidak pasti, membuat dirinya malu kepada kolega yang ditawarinya untuk ikut pergi keliling bulan.

Ihwal gagalnya Maezawa untuk pergi ke bulan bukan tanpa sebab. Pada uji coba penerbangan kedua Starship, pesawat luar angkasa ini meledak usai diluncurkan. Lalu percobaan berlanjut hingga keempat kalinya pada Rabu, 5 Juni 2024 kemarin. Akan tetapi di percobaan yang terakhir ini masih ditemui kendala teknis pada pesawat tersebut dan membuat perjalanan ke bulan masih belum bisa dilakukan.

Iklan

Sebenarnya Maezawa bukanlah orang baru untuk bepergian ke luar angkasa. Pada 2021 lalu dia sudah pernah merasakan sensasi berkeliling di luar angkasa dengan mengendarai roket Soyuz milik Rusia. Saat berada di luar angkasa, dia menginap di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) selama 12 hari dan misi perjalanannya itu berhasil. 

Pilihan Editor: Begini Jatam Kecam Izin Tambang dari Jokowi untuk Ormas Keagamaan: Tamak, Licik, dan Balas Jasa

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *