Pertacami Gelar Kejurnas MMA U-18 untuk Persiapan World MMA Championship 2024 Indonesia

  • Share

JAKARTA, iNews.id- PB Pertacami (Pengurus Besar Persatuan Tarung Campuran Indonesia) menggelar Kejuaraan Nasional MMA U-18 2024 edisi pertama. Ajang ini bertujuan mempersiapkan atlet-atlet terbaik menuju GAMMA World MMA Championship 2024.

Ini merupakan ajang pertama yang digelar PB Pertacami setelah masuk sebagai anggota Komite Olimpiade Indonesia (KOI) pada 8 Maret 2024. Adapun ajang tersebut berlangsung selama dua hari mulai dari Jumat (10/5/2024) sampai Sabtu (11/5/2024) besok di Golden Boutique Hotel, Kemayoran, Jakarta.

Ajang ini diikuti sebanyak 112 atlet berlaga di ajang ini dengan rincian 88 atlet putra, dan 24 atlet putri dari 34 klub. Mereka semua akan berburu untuk meraih Piala Pertacami U-18 edisi pertama ini.

Peter Taslim, selaku Ketua Panitia Penyelenggara Kejuaraan Nasional Piala Pertacami U-18 mengatakan, adanya ajang ini bermaksud untuk lebih mengedukasi para calon atlet terbaik Tanah Air. Yang tak kalah penting, memperkenalkan olahraga bela diri campuran agar lebih digemari masyarakat Tanah Air.

“Sebagai anggota GAMMA (Global Association of Mix Martial Art), PB. PERTACAMI ingin mengadvokasi prinsip kedisiplinan, keunggulan, dan rasa saling hormat antara atlet dan antarklub,” kata Peter dalam konferensi pers yang dihadiri di Jakarta, Jumat (10/5/2024).

“Selain itu kami juga berupaya untuk terus mempromosikan kompetisi yang sarat akan kekuatan teknik dan mental serta nilai-nilai keselamatan dan keamanan, fairplay, dan persaudaraan, yang menjadi khas bela diri campuran (MMA),” sambungnya.

Ketum PB Pertacami, Tommy Paulus Hermawan menuturkan, ajang ini adalah momentum penting bagi mereka untuk mencari dan mengasah talenta-talenta seni bela diri campuran amatir terbaik Indonesia. Dia percaya bahwa persiapan yang mulai dilakukan ini akan membawa prestasi yang gemilang di tingkat internasional, khususnya menghadapi GAMMA World MMA Championship 2024.

“Kejuaraan ini menjadi wadah bagi kami untuk memperkuat komitmen sebagai anggota Komite Olimpiade Indonesia (KOl). Sebagai satu-satunya induk organisasi bela diri campuran (MMA) yang diakui oleh dan merupakan anggota KOl, PB. Pertacami berkomitmen untuk mengangkat martabat olahraga bela diri campuran di tingkat nasional dan internasional,” ujar Tommy.

“Kejuaraan Nasional U-18 ini merupakan bagian dari perjalanan panjang menuju pembuktian potensi atlet junior Indonesia di tingkat olimpiade. Besar harapan kami, dapat terus mewadahi seluruh atlet-atlet bela diri campuran (MMA) amatir ke ajang-ajang olimpiade,” tambahnya.

Ketum KOI, Raja Sapta Oktohari memberikan apresiasi kepada PB Pertacami yang untuk pertama kalinya menggelar Kejuaraan Nasional MMA U-18. Pria yang akrab disapa Okto itu menyampaikan bahwa ini menjadi bukti eksistensi dari seni bela diri campuran.

“Ini menunjukkan bahwa seni bela diri campuran (MMA) semakin diakui dan diapresiasi sebagai bagian integral dari dunia olahraga Indonesia, dan kami sangat antusias dalam mendukung perkembangannya,” papar Okto.

Tak ayal jika PB Pertacami mulai bergeliat dengan menggelar Kejurnas MMA U-18 yang pertama ini. Pasalnya ajang ini sekaligus mematangkan persiapan mereka dan para atlet Tanah Air untuk menatap GAMMA World MMA Championship 2024 yang akan berlangsung di Indonesia 6-15 Desember mendatang.

Editor : Ibnu Hariyanto

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *