Pengacara Pegi Setiawan Kritik Polisi dalam Penetapan Tersangka Kasus Pembunuhan Vina

  • Share

JAKARTA, iNews.id – Kuasa Hukum Pegi Setiawan, Toni RM menyebut yang membuat kliennya ditetapkan sebagai tersangka ialah pernyataan yang disampaikan oleh Sudirman dan Aep kepada penyidik. Penyidik yang menerima pernyataan Sudirman tidak melakukan konfrontir kepada Pegi dalam pengusutan pembunuhan Vina dan Eky. 

“Sudirman dan Aep ini lah yang paling memberatkan menyudutkan Pegi Setiawan,” kata Toni dalam program Rakyat Bersuara iNews TV, Rabu (10/7/2024). 

“Seharusnya Pegi Setiawan yang dianggap turut bersama sama (melajukan perbuatan) dikonfrontir oleh penyidik. Tapi tidak dikonfrontir,” tambahnya. 

Dalam penyataannya pada 2024, Sudirman menyampaikan beberapa poin kepada penyidik. Pada setiap poin tersebut tidak terdapat dalam hasil pemeriksaan sebelumnya tahun 2016. 

“Poin pertama Sudirman menyebut Pegi Setiawan alias Perong adalah teman saksi sejak SDN Pelandakan 1 Cirebon. Dulu 2016 tidak ada begini (keterangan) itu lah kenapa saya yakin setelah ditangkap baru ditanyakan,” jelasnya. 

Kemudian poin kedua Sudirman juga menyebut Pegi Setiawan alias Perong sebagaimana foto yang diperlihatkan oleh saksi. 

Poin ketiga, yang membuat (penyidik) yakin sejak kecil saksi bermain dengan Pegi Setiawan alias Perong. Sehingga dari wajahnya saksi masih ingat serta saudara Pegi memiliki tato di tangan 2024 kalau tidak salah bergambar bintang.

“Poin keempat menyebut bahwa pada saat kejadian (2016) Perong datang ke depan SMPN Perjuangan Kota Cirebon dengan 1 unit kendaraan smash warna pink langsung memarkirkan kendarannya di dalam gang baru bergabung dengan kami sambil minuman ciu dicampur dengan dipcolla,” jelasnya. 

“Keterangan terakhir ini lah yang ada hubungannya dengan peristiwa pembunuhan,” jelasnya. 

Toni melanjutkan, dalam satu kesempatan saat Pegi ditetapkan sebagai tersangka, dia meminta agar dihadapkan oleh Sudirman dan Aep untuk mempertanggungjawabkan pernyataan dalam kesaksiannya. 

“Aep kamu jangan lari, Sudirman ayo hadapkan dengan saya bertanggung jawab jangan jadi pengecut,” pungkasnya.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *