Pendapat Pakar Soal Peluang Artis Jadi Menteri di Kabinet Prabowo

  • Share

TEMPO.CO, Jakarta – Sejumlah tokoh disebut bakal masuk kabinet Prabowo Subianto dalam pemerintahan mendatang. Mereka datang dari berbagai latar belakang, termasuk dari kalangan artis. Salah seorang artis yang belakangan santer disebut berpeluang menjadi menteri di kabinet Prabowo adalah Raffi Ahmad.

Mengenai peluang selebritas masuk kabinet, Guru Besar Ilmu Politik Universitas Andalas Padang, Asrinaldi, memperkirakan presiden terpilih Prabowo akan menimbang usulan ataupun aspirasi nama artis untuk menjabat sebagai menteri dalam pemerintahannya nanti.

“Kita tidak bisa juga memberikan judgement (penilaian) bahwa itu tidak tepat sepanjang Prabowo mempertimbangkan,” kata Asrinaldi saat dihubungi dari Jakarta, Jumat, 11 Mei 2024 seperti dikutip Antara.

Dia mengatakan usulan atau aspirasi nama menteri merupakan kebutuhan bagi Prabowo untuk menyukseskan program, visi, dan misi dari program yang dijanjikannya selama Pilpres 2024 ataupun masa transisi pemerintahan.

“Tentu yang tahu kebutuhan itu Prabowo sebagai presiden karena dia punya hak prerogatif dalam menentukan jabatan menteri, apalagi menteri jabatan politik. Tidak ada pertimbangan-pertimbangan lain kecuali bagaimana melaksanakan kepentingan visi dan misi dari Prabowo,” ujarnya.

Karena itu, dia berpendapat, bila ada artis yang memiliki kompetensi dalam melaksanakan tugas sebagai menteri, maka Prabowo akan mempertimbangkan atau menjadikannya sebagai menteri. Namun bila tidak, kata dia, maka Prabowo tidak memilih artis tersebut menjadi menteri.

“Belum lagi persoalan bahwa ini bagian dari kedekatan, bagian dari bantuan yang dilakukan oleh artis terhadap kemenangan Prabowo. Ya itu sah-sah saja karena memang begitulah politik, apalagi jabatan politik selevel menteri ya, memang begitu pertimbangannya,” ujar dia.

Asrinaldi juga memperkirakan Prabowo akan berhati-hati dalam memilih menteri agar tidak terdapat kesalahan bila sudah bertugas nantinya.

“Kalau seandainya pilihan itu salah, ya, tentu Prabowo akan menanggung akibatnya, akan dihujat, akan tidak didukung, dan seterusnya. Tentu pertimbangan beliau sangat hati-hati nanti untuk memilihnya,” tuturnya. Menurut dia, tidak sembarang pos menteri yang bisa dijabat oleh para selebritas dalam kabinet pemerintahan periode 2024-2029.

Sebelumnya, Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan siapa pun, termasuk artis, memiliki hak politik dipertimbangkan menjadi menteri dalam kabinet Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Meski demikian, dia mengatakan tidak hanya artis yang dipertimbangkan menjadi menteri oleh Prabowo. “Yang di luar artis juga dipertimbangkan,” kata Dasco di kawasan Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Kamis, 9 Mei 2024.

Iklan

Selanjutnya, Prabowo belum membahas nama menteri…

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *