Pendaftaran Prakerja Gelombang 69 Diperpanjang Hingga Hari Ini Pukul 23.59

  • Share

TEMPO.CO, Jakarta – Pendaftaran Program Kartu Prakerja gelombang 69 diperpanjang hingga hari ini, Rabu, 5 Juni 2024 pukul 23.59 WIB. Sebelumnya, pendaftaran Prakerja gelombang 69 telah dibuka pada 32 Mei 2024.

“Buat kamu yang sudah membuat akun di prakerja.go.id bisa klik tombol “Gabung Gelombang” pada dashboard kamu,” demikian pengumuman melalui situs resmi Prakerja pada Selasa, 4 Juni 2024.

Prakerja menawarkan berbagai program untuk meningkatkan kompetensi dan membantu masyarakat mendapatkan pekerjaan. Kemudian, meningkatkan skill sehingga bisa naik jabatan, dan bisa membuat usaha sendiri. 

Seorang peserta Program Kartu Prakerja akan mendapatkan beragam fasilitas. Pertama, ada pelatihan gratis melalui webinar, tatap muka dan pembelajaran mandiri. Kemudian, peserta juga akan mendapatkan saldo pelatihan senilai Rp 3.500.000. Saldo ini dapat dimanfaatkan untuk membeli pelatihan berbagai bidang, seperti teknologi informasi, bisnis, pengembangan diri, desain grafis dan banyak lagi.

Lalu, ada sertifikat gratis yang akan didapatkan oleh peserta Prakerja. Sertifikat tersebut sudah dinyatakan kompeten akan mendapat jaminan Sertifikat Kompetensi Profesi dari BNSP sesuai dengan profesi yang telah dimiliki. Terakhir, peserta akan mendapatkan hak insentif.

Syarat Daftar Prakerja 

Berikut ini syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk dapat mendaftar Kartu Prakerja: 

1. WNI, dibuktikan melalui identitas diri berupa e-KTP (Kartu Tanda Penduduk).

2. Minimal berusia 18 tahun.

3. Tidak dalam belajar pada pendidikan formal, yaitu sekolah dan kuliah.

4. Dalam proses melamar kerja, karyawan terdampak pemutusan hubungan kerja (PHK), ingin meningkatkan keahlian, buruh dirumahkan, buruh bukan penerima upah, termasuk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Iklan

5. Bukan dari kelompok pejabat negara, aparatur sipil negara, kepolisian, tentara, kepala desa dan termasuk perangkat, serta direktur/komisaris atau dewan pengawas badan usaha milik negara serta daerah.

6. Dibatasi untuk dua anggota keluarga dalam satu Kartu Keluarga (KK) yang sama.

Cara Daftar Prakerja 

Pendaftaran sebagai peserta Program Kartu Prakerja dapat dilakukan secara daring melalui https://dashboard.prakerja.go.id/. Simak langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Buat akun Prakerja dengan menggunakan email dan nomor handphone.

2. Verifikasi data diri dengan mengunggah KTP dan KK.

3. Ikuti tes motivasi dan kemampuan dasar secara daring.

4. Klik tombol “Gabung Gelombang” pada pembukaan gelombang.

5. Tunggu pengumuman kelulusan.

Pilihan Editor: OJK Gandeng Kemenko Perekonomian, Peserta Prakerja Bisa Akses Modul Literasi Keuangan

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *