Pencarian Korban Banjir Lahar Dingin di Sumbar Ditutup, 10 Orang Belum Ditemukan

  • Share

PADANG, iNews.idOperasi SAR pencarian korban banjir bandang Gunung Marapi dan longsor di Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat (Sumbar) ditutup, Sabtu (8/6/2024) hari ini. Penutupan bertepatan dengan berakhirnya masa tanggap darurat bencana yang dimulai sejak 11 Mei sampai 8 Juni 2024.

Kepala Kantor SAR Padang Abdul Malik mengatakan berdasarkan SK Bupati Tanah Datar No: 100.3.3.2/189/BPBD-2024 tentang status tanggap darurat bencana banjir lahar dingin, banjir bandang dan longsor di Kabupaten Tanah Datar 11 Mei sampai 8 Juni 2024 maka pencarian ditutup.

“Hasil kesepakatan keluarga dengan bupati, tim SAR gabungan dan perangkat nagari, dengan tidak ditemukannya tanda-tanda keberadaan korban, operasi SAR sudah tidak efektif lagi maka ditutup,” ujarnya, Sabtu (8/6/2024).

Pencarian itu ditutup pada pukul 09.00 WIB dengan upacara dipimpin langsung Bupati Tanah Datar Eka Putra.

“Pada pukul  09.00 WIB dilakukan rapat semua unsur-unsur yang terlibat. hasilnya semua unsur dikembalikan ke kesatuan masing-masing,” kata Abdul.

Berdasarkan data dari Basarnas Padang, korban bencana alam total semuanya 63 orang. Dari jumlah tersebut 60 orang sudah diserahkan kepada keluarga untuk dimakamkan dan 3 orang belum teridentifikasi sebab potongan bagian tubuh dan sudah diserahkan ke Dinas Sosial untuk dimakamkan.

Editor: Donald Karouw

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *