Pemprov Jabar Tingkatkan Kebersihan Sungai Citarum

  • Share

Sejumlah aktivis membentangkan spanduk kampanye saat Aksi untuk Kualitas Air Sungai Citarum di Kabupaten Bandung, Jabar.(ANTARA/NOVRIAN ARBI)

PEMERINTAH Provinsi Jawa Barat terus berupaya meningkatkan kualitas air di daerah aliran Sungai Citarum. Sekretaris Daerah Jawa Barat Herman Suryatman menargetkan indeks kualitas air Citarum yang saat ini berada di skor 50,78 poin bisa naik menjadi 60 poin pada Desember 2025.

“Yang kita lakukan ialah menghapus budaya masyarakat membuang sampah langsung ke aliran sungai. Kita juga mengedukasi warga untuk mengelola sampah dari rumah,” paparnya, saat berkunjung ke Sub DAS Citepus di Astanaanyar, Kota Bandung, Minggu (9/6).

Dia akan berkeliling ke 13 kabupaten dan kota di Jawa Barat ikut dalam gerakan membersihkan Citarum. Targetnya dalam satu setengah tahun, Citarum berubah signifikan.

Baca juga : Pemkot Bandung Berencana Perpanjang Masa Darurat Sampah

Herman juga mengajak masyarakat untuk melakukan zero food waste.Sampah rumah tangga dapat dikelola langsung dari rumah menggunakan maggot.

“Sampah organik ini ditahan di rumah dan dikelola. Jika itu bisa dilakukan, beban sampah akan berkurang 40%,” jelasnya.

Ia berkomitmen akan mengaktifkan kembali di setiap kelurahan budi daya manggot dengan larva dari jenis lalat Black Soldier Fly (BSF). Budi dikelola oleh RT dan RW dalam upaya pengelolaan sampah organik.

Herman menuturkan, kesadaran masyarakat terkait pengolaan sampah menjadi yang utama. Edukasi masyarakat menjadi prioritas. (Z-6)

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *