Pemerintah Izinkan Ormas Keagamaan Kelola Tambang, Menteri LHK Jamin Tetap Profesional

  • Share

JAKARTA, iNews.id – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya menegaskan izin pengelolaan tambang yang diberikan pemerintah ke organisasi kemasyarakatan (ormas) keagamaan tetap dilakukan secara profesional. Izin diberikan melalui sayap bisnis masing-masing ormas yang mengajukan.

“Itu kan begini ya, organisasi itu kan punya sayap-sayap organisasi. Nah jadi yang dimaksud dengan perizinan itu, itu di sayap bisnisnya. Jadi tetap aja profesional sebetulnya,” kata Siti Nurbaya kepada wartawan di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (2/6/2024).

Siti menjelaskan, hal tersebut yang menjadi pertimbangan mengapa pemerintah memberikan izin kepada ormas keagamaan mengelola tambang. Dia menilai, pengelolaan tambang yang dilakukan secara profesional bisnis lebih baik ketimbang ormas harus mengajukan proposal.

“Nah ormas itu pertimbangannya itu tadi karena ada sayap-sayap organisasinya yang memungkinkan. Daripada ormasnya setiap hari nyariin proposal minta apa, apa namanya mengajukan proposal, kan lebih baik dengan sayap bisnis yang rapi dan tetap profesional. Itu sih sebetulnya,” ujar dia.

Dia memastikan perlakuan yang sama diterapkan terhadap ormas keagamaan yang nantinya ikut mengelola tambang.

Sebelumnya, pemerintah memberikan izin usaha pertambangan khusus (IUPK) kepada organisasi masyarakat (ormas) keagamaan. Hal itu tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 25 Tahun 2024 tentang Perubahan atas PP Nomor 96 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral dan Batubara.

Editor : Rizky Agustian

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *