Pedagang di Puncak Ditertibkan, Sandiaga Uno Pantau Nasib Eks PKL

  • Share

JAKARTA, iNews.id – Kawasan Puncak Pass Bogor Jawa Barat kini telah bersih dari pedagang kaki lima. Keputusan itu sempat menuai pro dan kontra mengingat banyak PKL dan pedagang UMKM yang tak bisa lagi berjualan di area tersebut.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan Puncak Bogor merupakan salah satu destinasi wisata yang begitu digemari pelancong. Tak hanya dari segi keindahan, Sandiaga mengatakan, nasib para pedagang UMKM di kawasan ini juga perlu dibina dengan baik.

“Jadi untuk yang di Puncak itu kami tentunya memantau, karena ini adalah destinasi unggulan,” kata Sandiaga dalam Weekly Brief With Sandiaga Uno, Senin (8/7/2024).

Sementara itu, para PKL di Puncak Bogor yang terkena imbas usai penertiban ini pun diminta untuk segera mengisi kios-kios di Rest Area Gunung Mas. Ini merupakan solusi untuk tetap memberikan sarana dan fasilitas kepada para pedagang.

Sandiaga mengatakan, Kemenparekraf mendukung diberikannya fasilitas ini kepada para eks PKL di Puncak. Apalagi rest area tersebut juga akan dilengkapi fasilitas lain, seperti wifi yang juga bisa memudahkan para pedagang hingga wisatawan yang mampir dan beristirahat.

“Kita mendukung rest area nanti akan memberikan tempat kepada para pelaku UMKM dan akan dilengkapi fasilitas terkini seperti wifi,” kata Sandiaga.

Sebelumnya, relokasi pedagang kaki lima (PKL) di wilayah Gunung Mas, Puncak Bogor, Jawa Barat sempat menimbulkan pro dan kontra. Terlihat ratusan tempat dagang para PKL ini digusur demi memaksimalkan destinasi wisata puncak. 

Area yang dulu penuh oleh para pedagang ini pun telah ditertibkan dan lebih bersih sehingga memaksimalkan pemandangan Puncak.

Editor : Vien Dimyati

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *