PDNS 2 Diserang Ransomware, Bagaimana Nasib Data yang Tertahan?

  • Share

JAKARTA, iNews.id – Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 di Surabaya diserang ransomware. Bagaimana nasib data yang ada di PDNS 2 yang kena serangan?

Sejauh ini dipastikan data yang tertahan di PDNS 2 Surabaya tidak dapat disalahgunakan oleh pembuat ransomware. Ini dikarenakan data tersebut telah diisolasi aksesnya oleh pemerintah. 

“Kondisi data itu terenkripsi tapi di tempat (di lokasi PDNS 2) dan sekarang sistem PDNS 2 itu sudah kita isolasi. Tidak ada yang bisa akses, kita putus akses dari luar. Jadi Insya Allah tidak bisa (disalahgunakan),” kata Direktur Network dan IT Solution Telkom Indonesia, Herlan Wijarnako di dalam konferensi pers secara virtual, di Jakarta, Rabu, (26/6/2024).

Herlan juga mengatakan data-data dalam PDNS 2tidak bisa digunakan lagi, sehingga tak bisa dicadangkan. Ini karena adanya teknis isolasi PDNS 2. 

“Yang jelas data yang sudah kena ransomware ini sudah enggak bisa direcovery gitu ya. Jadi kita menggunakan sumber daya yang masih kita miliki,” kata Herlan.

Sekadar informasi sejumlah layanan publik pada Kamis (20/6) sempat mengalami kendala akibat adanya gangguan pada PDNS 2. Salah satu layanan yang sangat terdampak adalah sistem Autogate milik Ditjen Imigrasi yang membuat mobilitas masyarakat terganggu.

Setelah ditelusuri didapatkan fakta PDNS 2 mengalami serangan siber berupa ransomware bernama Brain Cipher sebuah varian baru dari ransomware Lockbit 3.0. Hingga Selasa (25/6) teridentifikasi ada sebanyak 282 instansi yang terimbas dari insiden PDNS 2. 

Editor : Dini Listiyani

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *