PDIP Sebut RUU Kementerian Hanya untuk Bagi-bagi Kekuasaan Kabinet Prabowo-Gibran

  • Share

JAKARTA, iNews.id – Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat menyebut revisi Undang-undang (RUU) Kementerian Negara hanya bagi-bagi kursi kekuasaan. RUU Kementerian Negara mengakomodasi kepentingan koalisi Prabowo-Gibran

“PDIP memberikan warning, memberikan masukan, jangan lah terjadi, misalnya RUU Kementerian Negara itu hanya untuk bagi-bagi kekuasaan, bagi-bagi kursi, bagi-bagi kue untuk mengakomodasi berbagai macam kepentingan partai politik yang kemarin memenangkan Pak Prabowo,” kata Djarot kepada wartawan di Kantor DPP PDIP, Jakarta Kamis (16/5/2024).

Djarot juga menyinggung penyakit birokrasi yang dinamakan empire building syndrome, atau sindrom membangun kerajaan. Menurutnya, dikhawatirkan menimbulkan korupsi, kolusi dan nepotisme.

“Akses negatifnya tumbuhnya ego sektoral, tumpang tindih satu dengan yang lain, berebut kewenangan dan sumber daya utamanya uang dan ini dikhawatirkan akan terjadi empire building seperti ini, dikhawatirkan makin tumbuh suburnya nepotisme kolusi dan korupsi,” ucapnya. 

Menurut dia, penambahan jumlah kementerian membuat anggaran menjadi tidak efisien. PDIP akan mengontrol uang negara agar tepat digunakan untuk rakyat.

“Kami akan mengontrol, jangan sampai uang negara, jangan sampai persoalan-persoalan yang dihadapi rakyat kemudian justru tidak terselesaikan tapi justru karena sibuk untuk membangun tadi kerajaan-kerajaan,” pungkasnya.

Editor : Faieq Hidayat

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *