PDIP Pastikan Pemerintahan Berjalan Efektif, Mau Jadi Oposisi

  • Share

Ketua Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Megawati Soekarno Putri(AFP)

PDIP memastikan bahwa pengawasan terhadap pemerintah akan tetap efektif saat mereka menjadi bagian dari oposisi. Ini didasarkan pada pengalaman mereka selama 10 tahun menjadi oposisi di masa pemerintahan Presiden Ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

“Kami melihat bahwa keuntungan kita berada di luar pemerintahan adalah kemampuan untuk memastikan sistem pengawasan terhadap pemerintah tetap efektif,” ungkap Masinton Pasaribu, seorang politisi dari PDIP, dalam sebuah diskusi virtual yang bertema ‘Demokrasi Tanpa Oposisi’, pada Sabtu, 4 Mei 2024.

Masinton menjelaskan bahwa keberadaan oposisi sangat penting karena memberikan pendidikan politik yang baik kepada masyarakat.

“Oposisi memberikan masyarakat pilihan-pilihan pandangan yang disajikan baik oleh pemerintah maupun yang berada di luar pemerintahan,” jelasnya.

Meskipun demikian, Masinton menyatakan bahwa PDIP belum membuat keputusan apakah akan menjadi bagian dari pemerintahan atau tetap di luar. Sikap politik mereka akan diumumkan kepada masyarakat setelah Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PDIP. (Z-10)

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *