Pancasila Pembebas dari Ketergantungan kepada Pihak Asing

  • Share

JAKARTA, iNews.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan, Pancasila bisa menjadi pembebas Indonesia dari ketergantungan kepada pihak asing. Hal itu disampaikan Jokowi saat upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Blok Rokan, Dumai, Riau, Sabtu (1/6/2024).

“Kita harapkan kehadiran Pancasila sebagai pembebas dari ketergantungan kita pada pihak asing,” kata Jokowi.

Jokowi menyebut, pemerintah harus menjamin kekayaan negara sepenuhnya untuk kemakmuran rakyat. Pemerintah juga harus aktif mengambil kembali aset-aset strategis bangsa. 

“Kita kelola dan manfaatkan sebesar-besarnya untuk kesejahteraan rakyat, kesejahteraan masyarakat. Salah satunya adalah Blok Rokan di Riau ini, tempat yang kita pakai untuk upacara peringatan hari lahir Pancasila,” kata Jokowi.

Menurutnya, Blok Rokan menjadi salah satu blok migas paling produktif di Indonesia. Pemerintah berhasil mengambil saham mayoritasnya.

“Setelah saham mayoritas Freeport kita ambil alih, kemudian kita ambil alih Blok Rokan ini di Dumai yang merupakan blok migas paling produktif dalam sejarah perminyakan Indonesia. Yang sudah dikelola perusahaan asing Caltex dan Chevron selama 97 tahun,” kata Jokowi.

Freeport dan Blok Rokan, katanya, hanyalah sedikit contoh dari semangat dan upaya Indonesia dalam menjalankan kedaulatan politik dan kemandirian ekonomi sesuai Pancasila.

Editor : Reza Fajri

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *