PAN Pertimbangkan Kaesang jika Ridwan Kamil tak Maju Pilkada DKI

  • Share

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep(ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani)

KETUA DPW Partai Amanat Nasional (PAN) DKI Jakarta Eko Hendro Purnomo atau Eko Patrio mengatakan bahwa putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep adalah sosok alternatif yang dapat diusung sebagai calon gubernur Jakarta.

Menurutnya, ketua umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) itu bakal dipertimbangkan apabila mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil tidak maju pada Pilkada Jakarta 2024.

“Kalau di level saya ya, ini juga menjadi masukan kalau seandainya Ridwan Kamil tidak (jadi maju) gitu ya, apa yang harus kita tampilkan. Oh berarti ada alternatif lain yaitu Mas Kaesang,” kata Eko usai Rakernas PAN di Kantor DPP PAN, Jakarta, Sabtu.

Baca juga : PAN Dorong RK-Kaesang Segera Maju di Pilgub DKI Jakarta

Selain itu, dia menilai maju atau tidaknya Ridwan Kamil masih menunggu keputusan Partai Golkar sebagai partai yang menaungi.

Kendati demikian, Eko menilai Ridwan Kamil akan menjadi lawan yang sepadan untuk bertarung dengan Anies Baswedan pada Pilkada Jakarta 2024.

“Karena kalau Ridwan Kamil masuk ke DKI Jakarta, menjadi persaingan yang buat saya seimbang antara Anies dengan Ridwan Kamil,” ujarnya.

Baca juga : Gerindra Sebut Ridwan Kamil, PAN Tetap Dorong Kadernya Maju Pilgub DKI Jakarta

Dia mengungkapkan PAN juga telah menyiapkan Zita Anjani, putri Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan untuk menjadi calon wakil gubernur Jakarta.

“Ya, kalau dari internal kami ya tentunya maunya Mbak Zita lah ya cawagubnya, gitu. Tapi kita lihat lagi survei kembali seperti apa,” pungkas dia.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia mengatakan bahwa partai berlambang pohon beringin itu lebih condong ingin mengusung Ridwan Kamil sebagai calon gubernur di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Barat 2024.

Berdasarkan hasil survei, Gubernur Jawa Barat periode 2018-2023 itu mempunyai peluang kemenangan yang lebih besar jika berkontestasi di Jawa Barat dibandingkan di Jakarta. Namun, dia memastikan sejauh ini partainya belum memutuskan karir politik Ridwan Kamil tersebut.

“Dan Ridwan Kamil ini di Jawa Barat sudah teruji, pertama approval ratingnya cukup tinggi sekali dan elektabilitasnya tidak ada yang menandingi, jauh sekali di atas nama-nama yang lain,” kata Doli kepada wartawan di Jakarta, Rabu (19/6). (Ant/Z-7)

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *