Pabrik Industri Baterai Listrik Beroperasi Bulan Depan

  • Share

JAKARTA, iNews.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pabrik industri baterai listrik akan beroperasi pada bulan depan. Jokowi pun berharap ekosistem kendaraan listrik segera terbentuk.

“Nanti bulan depan, itu yang namanya pabrik Industri baterai sudah mulai berproduksi, jadi kita harapkan ini ekosistem ini segera terbangun, segera terbentuk,” ucap Jokowi usai meninjau Pameran Kendaraan Listrik di JIEXPO Kemayoran Jakarta, Jumat (3/5/2024). 

Jokowi menjelaskan saat ini sudah ada 59 pabrik motor listrik yang mulai berproduksi. Kemudian, ada 5 pabrik mobil listrik dan 1 pabrik truk listrik sehingga kehadiran pabrik baterai listrik dinilai sangat membantu,

“Ini bangunan besar ekosistem EV ini betul-betul harus kita jaga, jangan sampai ada hambatan-hambatan. Saya kira golnya ke sana,” tutur Jokowi.

Dalam peninjauan tersebut, Jokowi mengapresiasi penyelenggaraan acara pameran mobil listrik itu. Menurutnya Indonesia memiliki peluang untuk memproduksi ratusan ribu motor listrik.

“Pameran kendaraan listrik saya lihat sangat bagus sekali, banyak memang sepeda motor, mobil, juga ada bus ada truk, semua ada. Kalau melihat misalnya kayak kendaraan listrik sepeda motor listrik, itu kita punya kapasitas 1,6 juta per tahun. Sekarang baru terisi, yang terproduksi di sini baru kurang lebih 100 ribu. Artinya, masih ada peluang yang sangat besar sekali,” katanya.

Editor : Puti Aini Yasmin

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *