Otorita IKN Meminta Penambahan Anggaran Rp29,8 Triliun, untuk Apa Saja

  • Share

Progres pembangunan IKN(Antara)

PELAKSANA tugas (Plt) Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Raja Juli Antoni mengajukan permohonan penambahan anggaran sebesar Rp29,8 triliun. Hal ini disampaikan oleh Raja Juli dalam rapat kerja (raker) dengan Komisi II DPR RI.

“Kami mencatat beberapa kebutuhan anggaran yang belum teralokasikan dalam pagu indikatif 2025, dengan total sebesar 29,8 triliun,” ujar Raja Juli di Ruang Rapat Komisi II DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, pada Senin (10/6).

Menurut Raja Juli, usulan peningkatan anggaran ini muncul setelah pertemuan bersama Badan Otorita IKN, Kementerian Keuangan, dan Bappenas. Kenaikan tersebut dianggap sebagai konsekuensi dari sejumlah program.

Baca juga : Presiden Jokowi Minta Badan Otorita Percepat Pengadaan Lahan di IKN

Pertama, untuk program pengelolaan gedung yang akan dialihkan dari Kementerian PU-Pera ke Otorita IKN. Kedua, pembangunan infrastruktur tambahan untuk program pembangunan IKN 2025 dan seterusnya. Ketiga, pengadaan teknologi untuk pengembangan kota pintar.

“Kenaikan anggaran ini merupakan hasil dari tahap pengelolaan aset negara yang akan dialihkan oleh PU-Pera  ke Otorita IKN, serta untuk melanjutkan pembangunan dalam kerangka ekosistem kota yang baik di IKN,” kata Raja Juli.

Raja Juli menjelaskan bahwa sejumlah unit mengalami penurunan anggaran dibandingkan dengan tahun 2024. Namun, beberapa unit juga mengalami peningkatan alokasi anggaran.

“Perlu dicatat bahwa sebagian besar unit kami mengalami penurunan anggaran dibandingkan dengan tahun 2024, kecuali sekretariat, deputi bidang pendanaan dan investasi, serta deputi bidang sarana dan prasarana yang mengalami peningkatan alokasi,” tambah Raja Juli.

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *