Nikson Nababan Teratas dalam Survei Elektabilitas Pilkada Sumut

  • Share

INFO NASIONAL – Lembaga survei Timur Barat Research Center (TBRC) menggelar jajak pendapat pada 10-23 Juni 2024 untuk mengukur elektabilitas tokoh menjelang Pilkada Sumatera Utara (Sumut).

Survei ini menggunakan metodologi multistage random sampling dengan 1.880 responden yang diwawancarai secara tatap muka. Margin of error survei ini sebesar 2,26 persen.

Direktur Eksekutif TBRC, Yohanes Romeo, menyatakan hasil survei menunjukkan mantan Bupati Tapanuli Utara, Nikson Nababan, menempati posisi teratas dengan elektabilitas 26,8 persen. Di posisi kedua ada Bobby Nasution dengan 25,3 persen.

Selanjutnya, Edy Rahmayadi berada di posisi ketiga dengan 20,4 persen, diikuti oleh Musa Rajekshah (8,9 persen), Dedi Iskandar Batubara (6,1 persen), dan responden yang tidak tahu atau tidak menjawab sebanyak 12,5 persen.

“Untuk simulasi tertutup Nikson Nababan 32,2 persen, Bobby Nasution 28,4 persen, Edy Rahmayadi 26,3 persen, dan tidak memilih 13,1 persen,” kata Yohanes, Sabtu, 29 Juni 2024.

Iklan

Pengamat politik dari Universitas Sumatera Utara (USU) Warjio menilai kemunculan nama Nikson Nababan sangat mengejutkan. “Naiknya elektabilitas Nikson Nababan dari Bobby Nasution dan Edy Rahmayadi di survei TBRC ini harus menjadi perhatian lawan, karena masyarakat Sumut ingin adanya perubahan,” ucapnya.

Warjio menyebutkan bahwa saat ini yang menjadi perhatian agar elektabilitas Nikso Nababan tetap tinggi harus ada dukungan parpol. Menurut dia, peluang menang Nikson Nababan di Pilgub Sumut bisa saja terjadi dengan pengalaman sebagai Bupati Tapanuli Utara.

“Pengalaman itu dapat memberikan kepercayaan kepada masyarakat melalui program yang meningkatkan ekonomi masyarakat Sumut nantinya,” ujar Warjio. (*)

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *