Niat Puasa Dzulhijjah Hari ke 4, Mencari Limpahan Rahmat di Hari-Hari Terbaik

  • Share

JAKARTA, iNews.id –  Memahami niat Puasa Dzulhijjah hari ke 4 adalah bagian penting dari mengamalkan ibadah puasa sunnah di bulan yang mulia ini. 

Bulan Dzulhijjah dikenal sebagai salah satu waktu yang paling dimuliakan dalam Islam, di mana amalan-amalan baik sangat dianjurkan, termasuk puasa sunnah. 

Berikut adalah panduan lengkap untuk membantu Anda mempersiapkan niat puasa Dzulhijjah hari ke 4 yang dilansir iNews.id dari NU Online:

Niat Puasa Dzulhijjah hari ke 4

Sebelum fajar menyingsing, umat Islam yang ingin berpuasa sunnah di hari keempat Dzulhijjah diharapkan untuk berniat dalam hati. Niat ini adalah pondasi dari ibadah puasa, sebagai tanda keseriusan dan keikhlasan dalam menjalankan perintah Allah SWT. 

Berikut adalah bacaan niatnya:

Arab

نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ ذِيْ الْحِجَّةِ سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى

Bacaan Latin:

Nawaitu shouma syahri dzil hijjah sunnatan lillahi ta’ala.

Artinya: “Saya niat puasa sunnah bulan Dzulhijjah karena Allah Ta’ala.”

Niat adalah amalan hati dan hanya Allah Ta’ala yang mengetahuinya. Niat itu tempatnya di dalam hati dan bukanlah di lisan. Setiap orang yang melakukan suatu amalan pasti telah memiliki niat terlebih dahulu. Karena tidak mungkin orang yang berakal yang punya ikhtiar (pilihan) melakukan suatu amalan tanpa niat.

Tata Cara Puasa Dzulhijjah

Puasa Dzulhijjah dilakukan seperti puasa sunnah pada umumnya. Mulai dari sahur sebelum waktu Subuh hingga berbuka saat Maghrib tiba. Selama berpuasa, hendaknya umat Islam menjaga diri dari hal-hal yang dapat membatalkan puasa, seperti makan, minum, dan perbuatan dosa.

Keutamaan Puasa Dzulhijjah

Puasa di bulan Dzulhijjah, khususnya sepuluh hari pertama, memiliki keutamaan yang besar. Rasulullah SAW bersabda bahwa tidak ada hari lain yang amal saleh di dalamnya lebih dicintai oleh Allah daripada sepuluh hari ini. 

Oleh karena itu, berpuasa pada hari-hari ini, termasuk hari keempat, adalah kesempatan berharga untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan memperbanyak pahala.

Tips Menjalankan Puasa Dzulhijjah

  • Tetapkan Niat: Pastikan niat Anda jelas dan tulus sebelum memulai puasa.
  • Persiapan Fisik: Cukupi kebutuhan tidur dan konsumsi makanan bergizi saat sahur.
  • Aktivitas Spiritual: Perbanyak doa, dzikir, dan bacaan Al-Qur’an selama berpuasa.
  • Hindari Maksiat: Jauhi perbuatan yang dapat membatalkan atau mengurangi pahala puasa.

Dengan memahami Niat Puasa Dzulhijjah hari ke 4 dan mengikuti tata cara yang benar, kita dapat menjalankan ibadah ini dengan penuh berkah. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam meningkatkan keimanan dan ketakwaan selama bulan Dzulhijjah. Amin.

Editor : Komaruddin Bagja

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *