Niat Puasa 1 sampai 9 Dzulhijjah Beserta Keutamaannya

  • Share

Niat puasa Dzulhijjah(Freepik)

BULAN Dzulhijjah adalah salah satu bulan yang istimewa dalam kalender Hijriah. Bulan ini merupakan bulan terakhir dalam tahun Hijriah dan di dalamnya terdapat beberapa ibadah yang sangat mulia, seperti haji dan kurban

Dalam bulan Dzulhijjah umat Islam dianjurkan untuk banyak melakukan ibadah sunnah dan beramal shalih. Selain itu, puasa sunnah Dzulhijjah juga merupakan salah satu amalan yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW. 

Dalam naskah ini, kita akan membahas niat puasa Dzulhijjah beserta keutamaannya.

Baca juga : Bacaan Doa Idul Adha, Amalkan ini untuk Menyambut Hari Raya

Niat Puasa Dzulhijjah

Puasa Dzulhijjah dapat dilakukan pada pada tanggal 1 hingga 9 Dzulhijjah, 8 dan 9 Dzulhijjah atau 9 Dzulhijjah (puasa Arafah) saja. Niat puasa ini dilakukan seperti niat puasa sunah lainnya, dengan niat yang tulus dan ikhlas hanya karena Allah SWT.

Berikut adalah lafaz niat puasa Dzulhijjah:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ مِنْ شَهْرِ ذِي الْحِجَّةِ سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى

Artinya: “Saya niat berpuasa sunnah bulan Dzulhijjah esok hari karena Allah Ta’ala.”

Baca juga : Idul Adha Dalam Al-Qur’an : Musyawarah Antara Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail

Puasa di bulan Dzulhijjah, terutama pada hari-hari pertama, memiliki banyak keutamaan yang sangat besar. Berikut adalah beberapa keutamaannya:

1. Pahala yang Besar:

Rasulullah SAW bersabda bahwa tidak ada hari yang amal salehnya lebih dicintai oleh Allah daripada hari-hari pertama bulan Dzulhijjah. Berpuasa pada hari-hari ini dianggap sebagai amal yang sangat dicintai oleh Allah.

2. Pengampunan Dosa:

Puasa pada tanggal 9 Dzulhijjah, yaitu puasa Arafah, memiliki keutamaan yang luar biasa. Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW bersabda bahwa puasa pada hari Arafah dapat menghapus dosa-dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.

Baca juga : Memahami Makna dan Sejarah Idul Adha dari Pengorbanan Besar 2 Nabi

3. Mendapat Ridha Allah:

Berpuasa pada hari-hari Dzulhijjah merupakan salah satu cara untuk mendapatkan ridha Allah SWT. Dengan melakukan puasa, seorang Muslim menunjukkan ketaatan dan kecintaannya kepada Allah.

4. Mendekatkan Diri kepada Allah:

Puasa adalah salah satu bentuk ibadah yang paling utama untuk mendekatkan diri kepada Allah. Dalam bulan Dzulhijjah yang penuh berkah ini, berpuasa menjadi cara yang sangat efektif untuk meraih kedekatan dengan Allah SWT.

Kapan Mulai Puasa Dzulhijjah?

Berdasarkan pencocokan kalender hijriyah, 1 Dzulhijjah akan jatuh pada Sabtu 8 Juni 2024. Adapun, puasa sunnah Tarwiyah 8 Dzulhijjah jatuh pada 15 Juni 2024 dan puasa Arafah pada 16 Juni 2024.

Puasa Dzulhijjah adalah salah satu ibadah sunnah yang sangat dianjurkan karena keutamaannya yang besar. Dengan niat yang ikhlas dan tulus, puasa ini dapat menjadi jalan untuk meraih pahala yang berlimpah, pengampunan dosa, dan ridha Allah SWT. Mari kita manfaatkan bulan Dzulhijjah dengan sebaik-baiknya untuk memperbanyak ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Semoga kita semua diberikan kekuatan dan kemudahan untuk menjalankan puasa Dzulhijjah dan mendapatkan keutamaannya. Amin. (Z-10)

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *