NasDem Bakal Lakukan Safari Politik ke Wilayah Jabar Kenalkan Ilham Habibie

  • Share

Ilham Habibie(Istimewa)

DPW Partai NasDem Jawa Barat (Jabar) secara massif melakukan komunikasi politik dengan partai politik (parpol), menghadapi pemilihan gubernur (Pilgub) Jabar 2024. Diketahui Ketua Umum DPP Partai NasDem Surya Paloh dan DPW NasDem Jabar sudah mendeklarasikan Ilham Habibie sebagai bakal calon gubernur.

Ketua DPW NasDem Jabar Saan Mustofa mengungkapkan, koalisi secara intensif dengan beberapa parpol sudah dilakukan seperti PKS, PKB, PPP, PDI Perjuangan dan Gerindra.

“Komunikasi dengan PKS kita intensif, dengan PKB. Kang Ilham juga intensif komunikasi juga dengan diundang PDIP, terus kita dengan PPP walaupun tidak melalui saya juga ada komunikasi,” jelas Saan di Bandung, Sabtu (29/6).

Baca juga : Usung Ilham Habibie di Pilgub Jabar, NasDem: Agar Wajah Calon Pemimpin tak ‘Itu-Itu’ Saja

Saan juga mengakui, NasDem tidak bisa mengusung penuh pasangan calon di Pilgub Jabar 2024. Mengingat NasDem Jabar hanya memiliki 8 kursi, sedangkan untuk mengusung pasangan calon minimal harus memiliki 24 kursi di DPRD Jabar.

“Kami bertanggung jawab dan terus membangun serta membentuk koalisi agar Ilham dapat terpilih sebagai Gubernur Jabar pada pilgub yang akan dilakukan 27 November,” tegas Saan yang juga anggota DPRRI ini.

Menurut Saan, NasDem mempercepat proses keterkenalan bakal calon gubernur Jabar Ilham Habibie, di antaranya melakukan safari politik ke semua wilayah yang ada di Jabar.

Baca juga : Ilham Habibie Optimis Bersanding dengan PKS untuk Pilgub Jabar 2024

“NasDem akan lakukan itu, dalam waktu dekat safari politik Kang Ilham akan dilakukan untuk muter di Jabar. Tapi salah satu medianya kita ada nobar dan yang lain-lain. Karena Kang Ilham juga akademisi jadi nanti ada kuliah umum di kampus-kampus yang ada di daerah itu, sedang kita rancang,” terang Saan.

Lebih lanjut Saan mengaku, pencalonan Ilham Habibie sebagai kandidat Gubernur Jawa Barat mengagetkan banyak pihak.

“Selama ini, kandidat dari DPW Nasdem yang disebut-sebut akan maju adalah saya. Namun, kami cepat dan langsung mendeklarasikan Ilham sebagai calon. Prosesnya hanya sekitar satu bulan,” sambungnya.

Baca juga : Ini Kriteria Wakil Pendamping Ilham Habibie di Pilgub Jabar

NasDem, lanjut Saan, mengaku sangat tertarik dengan gagasan pengembangan industri di Jabar. Aapalagi seperti diketahui saat ini sekitar 50% industri di Indonesia berada di Jabar, termasuk perusahaan besar seperti PTDI, Pindad, dan Len.

Sementara itu bakal calon Gubernur Jabar, Ilham Habibie mengungkapkan mengaku pencalonannya tak lepas dari bagaimana menguatkan industri tekstil Jabar memiliki daya saing. Jika dilihat di negara lain, Jerman, Jepang, dan lainnya, tekstil masih ada, tapi metodenya berbeda. Bahkan mereka maju industrinya.

“Jangan lupa, tekstil banyak sekali memberikan lapangan pekerjaan. Makanya kita lihat banyak judi online, geng motor, dan lainnya, itu muaranya ekonomi,” tutur putera pertama dari mendiang Presiden BJ Habibie ini.

Ditanya mengenai kriteria calon pasangannya nanti, Ilham mengatakan yang penting bakal calon wakilnya adalah orang Sunda. Karena jika orang Sunda, akan akan lebih mengerti hal-hal yang lebih mendalam daripada dirinya sendiri. 

“Karena saya masih harus banyak belajar, biarpun saya sudah lama di sini tapi saya tetep saja banyak hal-hal kultural.  Jadi pendampingnya alangkah baiknya orang Sunda,” imbuhnya. (Z-3).

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *