Nah, Iran Peringatkan Bakal Bikin Senjata Nuklir jika Terancam oleh Israel

  • Share

DUBAI, iNew.idIran bakal mengubah doktrin nuklirnya jika eksistensi negara terancam oleh Israel. Kedua negara saling serang pada bulan lalu, meningkatkan ketegangan di Timur Tengah yang sudah panas akibat perang Israel-Hamas.

Kamal Kharrazi, penasihat Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei mengatakan, negaranya sejauh ini tak punya keputusan untuk membuat senjata nuklir. Namun jika terancam oleh Israel, sikap itu bisa saja berubah.

“Kami tidak punya keputusan untuk membuat bom nuklir, tapi jika eksistensi Iran terancam, tidak ada pilihan selain mengubah doktrin militer kami,” kata Kharrazi, seperti dilaporkan Student News Network Iran, Kamis (9/5/2024).

Dia memberi isyarat bahwa Iran punya kemampuan membuat senjata nuklir.

“Jika terjadi serangan terhadap fasilitas nuklir kami oleh rezim Zionis (Israel), (sistem) pencegahan kami bisa berubah,” kata  Kharrazi, merujuk pada fatwa Khamenei sebelumnya.

Khamenei pada 2000-an mengeluarkan fatwa yang melarang pengembangan senjata nuklir. Dia mengulangi kembali sikap itu pada 2019.

“Membuat dan menimbun bom nuklir adalah salah dan menggunakannya adalah haram. Meskipun kita punya teknologi nuklir, Iran dengan tegas menghindarinya,” kata Khamenei, saat itu.

Namun, menteri intelijen Iran mengatakan pada 2021, tekanan dari negara Barat bisa mendorong negaranya untuk membuat senjata nuklir.

Editor : Anton Suhartono

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *