banner 728x250

Murid Faisal Basri Ikut Bersaksi Jadi Ahli Kubu AMIN di Sidang MK

  • Share
banner 468x60


Jakarta, CNN Indonesia

Example 300x600

Murid Ekonom senior Faisal Basri, Vid Adrison ikut bersaksi dalam sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) presiden dan wakil presiden tahun 2024 yang digelar di Mahkamah Konstitusi (MK) pada hari ini, Senin (1/4).

Vid dihadirkan oleh kubu 01Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar sebagai ahli pada sidang sengketa Pilpres dengan agenda pembuktian pemohon meliputi mendengarkan keterangan saksi dan ahli serta pengesahan alat bukti tambahan.

“Saya sempat mendengar presentasi sebelumnya. Saya bangga punya murid seperti Vid,” kata Faisal Basri sebelum memberikan keterangan di persidangan.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Saya ingin menambahkan atau melengkapi dari perspektif teori juga yang kerap dipakai adalah teori gentong babi,” imbuhnya.

Vid menyampaikan kesaksiannya di muka persidangan sebelum Faisal Basri.

Dalam keterangannya, Vid menyebut terdapat hubungan antara pembagian bantuan sosial (bansos) terhadap warga miskin dengan kemenangan pasangan calon presiden dan wakil presiden di Pemilu 2024.

“Saya melakukan exercise yang bisa diverifikasi. Kesimpulannya ada bukti statistik yang kuat dan konsisten hubungan positif kemiskinan dengan persentase perolehan suara petahana atau yang didukung petahana,” kata Vid.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistika (BPS), Vid membeberkan terdapat statistik tren penurunan kemiskinan saat menjelang Pemilu. Namun, porsi perlindungan sosial (Perlinsos) dalam total belanja setahun menjelang pemilu selalu meningkat.

Vid membeberkan belanja Perlinsos naik dari 10.04 persen pada 2022 menjadi14.57 persen pada 2023.

Vid menyebut hubungan kemiskinan, pembagian bansos dan kemenangan paslon bisa dilihat dalam provinsi dengan masyarakat miskinnya yang banyak.

Dia menyebut di provinsi dengan tingkat kemiskinan10 persen, pemberian bansos akan meningkatkan margin kemenangan kandidat petahana atau didukung petahana sebesar 6,26 sampai 9,0 persen.

(lna/gil)

[Gambas:Video CNN]


Source link

banner 325x300
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *