MIND ID Apresiasi Langkah PT Timah Dorong Kerja Sama Strategis

  • Share

Karyawan PT Timah melakukan pengecekan.(Dok.Ist)

BUMN Holding Industri Pertambangan Indonesia (MIND ID) mendukung upaya perbaikan tata kelola pertambangan sektor timah nasional dengan mendorong peningkatan kerja sama strategis lintas sektoral.

Corporate Secretary MIND ID Heri Yusuf mengatakan, sebagai holding pertambangan nasional, MIND ID mendukung penuh upaya perbaikan tata kelola operasional dan produksi komoditas timah.

“Indonesia memiliki potensi besar untuk menjadi salah satu pemain timah global. Untuk mencapai target itu, dibutuhkan upaya perbaikan tata kelola dan komitmen itu telah dilakukan PT Timah dengan menjalin sejumlah kerja sama strategis meliputi aspek pengamanan, produksi hingga pemasaran,” kata Heri.

Baca juga : MIND ID Libatkan Pelaku Usaha Lokal dalam Rantai Pasok

Heri menambahkan, perbaikan pengelolaan timah secara komprehensif menjadi salah satu strategi bisnis yang dijalankan. PT Timah secara aktif menjalin sejumlah kerja sama strategis baik dengan pemerintah maupun perusahaan swasta lainnya.

Terbaru, PT Timah menjajaki peluang kerja sama strategis dengan perusahaan timah asal China, Yunnan Tin.  Pertemuan dua produsen timah dunia ini merupakan diskusi lanjutan pascapertemuan International Tin Conference yang berlangsung di Penang – Malaysia beberapa waktu lalu.

Kedua belah pihak menjajaki peluang kerja sama terkait aspek pemasaran, teknologi dan pengembangan produk serta suplai kepada anak usaha.  Hasil dari pertemuan ini, nantinya akan dibalut dengan Memorandum of Understanding (Mou) yang akan dilaksanakan dalam beberapa waktu mendatang.

Baca juga : Diumumkan dalam RUPST, Grace Natalie Jadi Komisaris BUMN

Dalam aspek pengamanan sektor pertambangan, PT Timah mendorong penanganan praktik Pertambangan Tanpa Izin (PETI) di wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah.

Pada awal tahun ini, PT Timah menggandeng Kejaksaan Tinggi Bangka Belitung untuk meningkatkan perbaikan tata kelola penambangan timah di Bangka Belitung. Hal ini sebagai upaya untuk menjaga keberlanjutan sumber daya alam timah di Indonesia.

Melalui kerjasama ini, Kejaksaan Tiinggi Bangka Belitung tidak hanya akan melakukan penegakan hukum tapi juga memberikan masukan dan pendampingan.

Penertiban PETI di wilayah IUP PT Timah diyakini akan semakin mendorong kontribusi sektor timah bagi perekonomian daerah dan negara. Langkah ini juga akan semakin menguatkan upaya hilirisasi nasional.

“Selain mendorong pemenuhan kebutuhan dalam negeri, produksi logam timah juga diperlukan untuk memenuhi permintaan ekspor. PT Timah juga kini tengah melirik optimalisasi potensi mineral ikutan timah seperti monazite, zircon dan lainnya. MIND ID siap mendukung penuh perbaikan tata kelola timah nasional termasuk dengan menjalin kerja sama potensial ke depannya,” pungkas Heri.

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *