Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken Kembali ke Timur Tengah

  • Share

Menlu AS, Antony Blinken, berkunjung ke Mesir sebagai bagian dari turnya ke Timur Tengah.(Instagram)

MENTERI Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken kembali melakukan kunjungan ke Mesir. Selain ke Mesir, dalam tur ke Timur Tengah untuk kedelapan kalinya sejak perang di Gaza di Mulai, Blinken akan ke Israel. Yordania, dan Qatar.

Kehadiran Blinken diperkirakan akan mendorong rencana gencatan senjata terbaru AS, dimana rencana yang coba diajukan para diplomat AS melalui pemungutan suara di Dewan Keamanan (DK) PBB.

“Satu-satunya hal yang menghalangi tercapainya gencatan senjata ini adalah Hamas. Sudah waktunya bagi mereka untuk menerima kesepakatan tersebut,” katanya, Sabtu.

Baca juga : Antony Blinken Kembali ke Timur Tengah Mendorong Kesepakatan Gencatan Senjata dan Pembebasan Sandera

Hamas bersikeras melakukan gencatan senjata permanen dan penarikan penuh Israel dari seluruh wilayah Gaza, tetapi tuntutan itu ditolak dengan tegas oleh Israel.

Di Kairo, Blinken akan mengadakan pembicaraan tertutup dengan Presiden Abdel Fattah al-Sisi, mitra utama AS dalam upaya perdamaian di Palestina.

Blinken juga diperkirakan akan membahas cara membuka penyeberangan Rafah yang ditutup sejak direbut Israel sebulan lalu.

Baca juga : Blinken Terus Yakinkan Pemimpin Arab

Blinken kemudian akan melakukan perjalanan ke Yerusalem untuk berdiskusi dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu.

AS mengatakan Israel telah menerima rencana tersebut, namun Hamas belum memberikan tanggapan resmi.

Blinken juga akan mengunjungi Yordania dan Qatar sebelum kembali ke AS pada Rabu (12/6). (Aljazeera/Z-3)

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *