Menhub Targetkan Bandara IKN Beroperasi 1 Agustus 2024

  • Share

PENAJAM PASER UTARA, iNews.id – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menargetkan Bandara Ibu Kota Nusantara (IKN) bisa beroperasi pada 1 Agustus 2024 mendatang. Hal ini disampaikan saat Budi Karya mengecek progres pembangunan bandara di ibu kota baru, Senin (3/6/2024). 

Dalam kunjungannya, Budi Karya mengunjungi sejumlah titik, seperti lokasi landasan pacu dan gedung terminal. Menurutnya, progres pembangunan di dua lokasi tersebut dan sejumlah fasilitas lainnya secara garis besar sudah baik dan sesuai rencana.

“Untuk landas pacu dan gedung terminal, perubahannya signifikan dan terlihat jelas, jika dibandingkan saat saya terakhir kali ke sini pada akhir April lalu. Kemajuan ini tentu sangat menggembirakan,” ujar Budi Karya.

Budi Karya juga mengapresiasi dan berterima kasih kepada semua pihak, khususnya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan para pekerja atas kerja kerasnya selama ini. Dia berharap sinergi ini dapat mewujudkan komitmen bersama untuk menyelesaikan Bandara IKN pada tanggal 1 Agustus 2024.

“Insyaallah, Juli kita uji coba dan siap dioperasikan untuk memperingati Hari Kemerdekaan pada 17 Agustus nanti,” tuturnya.

Budi Karya juga berharap semoga cuaca di kawasan IKN selalu cerah dalam beberapa bulan ke depan. “Mudah-mudahan cuaca di sini senantiasa cerah, sehingga proyek pembangunan bandara bisa berjalan dengan lancar,” ucapnya.

Untuk diketahui, progres pekerjaan fisik Bandara IKN sampai dengan minggu ke-25 telah mencakup beberapa aspek, di antaranya: pekerjaan baja, instalasi pipa plumbing, atap, dinding, dan elektrikal di Terminal VVIP; pekerjaan kolom, instalasi pipa plumbing, dan rangka baja di Terminal VIP; pekerjaan struktur atas lantai 1-4 Gedung ATC; pekerjaan pilecap dan instalasi plumbing Gedung Administrasi dan Operasional; pekerjaan minipile dan pipa plumbing di Gedung PK-PPK; serta pekerjaan struktur atas gedung substation.

Aspek lainnya, pekerjaan struktur atas gedung peribadatan, pekerjaan struktur lab karantina; pekerjaan minipile bangunan power house; pekerjaan cut & fill, galian U-ditch, geotextile, agregat di Jalan Akses Utama (uditch), Embung, dan Jalan Perimeter Barat; pekerjaan pondasi pancang Gedung Ruang Pompa dan GWT, serta STP; serta pekerjaan pondasi rumah dinas.

Editor : Aditya Pratama

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *