banner 728x250

Mengintip Padatnya Pasar Tanah Abang 10 Hari Jelang Lebaran

  • Share
banner 468x60

Warga memadati Skybridge Pasar Tanah Abang, Jakarta, Minggu (31/3/2024). Foto: Ainun Nabila/kumparan

Jelang hari-hari terakhir di bulan Ramadan Pasar Tanah Abang dipadati masyarakat. Mereka bergumul–bahkan rela berdesakan–berburu jilbab, mukena, kemeja, baju koko, hingga gamis terbaik untuk dikenakan di hari lebaran nanti.

Example 300x600

Pantauan kumparan hari ini, Minggu (31/3) atau 10 hari terakhir puasa, pengunjung yang memadati Pasar Tanah Abang seolah tak ada habisnya. Terik matahari di siang hari hingga guyuran hujan di sore harinya seolah tak melunturkan semangat mereka dengan kegiatan masing-masing.

Warga memadati Skybridge Pasar Tanah Abang, Jakarta, Minggu (31/3/2024). Foto: Ainun Nabila/kumparan

Menjelang sore, beberapa pedagang mencoba merayu pembeli dengan meneriakkan, "harga sore, harga sore" yang mereka klaim lebih murah dibanding harga di pagi hari atau siang. Meski pasar daring sudah menjamur, namun tetap ada saja pelanggan yang lebih suka membeli langsung.

“Karena kalau ke sini kan langsung, jadi tahu bahan. Kalau online kan nggak tahu kita. Tapi murahan di online sih kayaknya, di sini kan takut ditinggiin harganya diuntung-untungin nih mau lebaran,” ucap salah satu pengunjung, Syifa.

Bagi Syifa, berbelanja di Tanah Abang jelang lebaran sudah menjadi tradisi tersendiri. Bahkan ia tak masalah dan sudah biasa merogok kocek hingga jutaan rupiah untuk tampil terbaik di hari yang fitri itu.

Situasi kemacetan di Jalan KS Tubun arah Stasiun Tanah Abang 2 pekan jelang Lebaran 2024, Minggu (31/3/2024) Foto: Ainun Nabila/kumparan

Meski ada rayuan "harga sore", namun sebenarnya lebih enak berburu pakaian lebaran di pagi hari. Pasalnya, jalanan di sekitar Pasar Tanah Abang baru ramai pada siang hingga sore hari.

Agar lebih mudah berbelanja, jangan lupa bawa tas yang agak besar. Pastikan juga sudah tahu apa yang hendak dibeli jika berniat memborong banyak kebutuhan.

Jika ingin ke kamar kecil di tengah berbelanja pun tak perlu khawatir. Ada beberapa bilik toilet portabel yang disediakan di sekitar pasar. Salah satunya seperti yang ada di Blok F-G, tepatnya dekat jembatan penyeberangan.

Untuk yang membawa anak kecil, perhatikan anak anda jangan sampai lepas dari pegangan sebab situasi cukup ramai. Bila lelah dan sulit bernapas, anda bisa berdiri atau duduk di ujung koridor. Tak perlu memaksakan diri apalagi saat sedang berpuasa.

Source link

banner 325x300
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *