Mengintip Karya Inovatif Desainer Interior Lokal dengan Sentuhan Warisan Budaya

  • Share

JAKARTA, iNews.id – Memiliki hunian yang nyaman dan indah menjadi impian banyak orang. Apalagi jika desain interiornya terkesan mewah dengan sentuhan warisan budaya.

Ya, menghadirkan warisan budaya dalam desain interior pada hunian memang sedang tren. Integrasi elemen budaya lokal dengan estetika modern menciptakan karya seni yang tidak hanya indah tetapi juga kaya akan makna. Savyavasa, hunian mewah di Dharmawangsa, Jakarta Selatan, adalah salah satu contoh dari bagaimana warisan budaya Indonesia yang dapat dipadukan dengan desain kontemporer untuk menghasilkan ruang yang elegan dan fungsional.

Tiga desainer terkemuka Indonesia, Yuni Jie, Eko Priharseno, dan GondoJules telah menunjukkan bagaimana warisan budaya lokal dapat dihidupkan kembali dalam desain interior yang memikat. Kolaborasi ini mencerminkan komitmen dan dedikasi sempurna untuk menciptakan ruang tinggal yang elegan dan fungsional.

“Kami bangga dapat mempersembahkan perspektif desain baru yang menetapkan standar baru bagi pengembangan hunian premier di Jakarta,” kata Chandra Asali, President Director Jantra Swarna Dipta melalui keterangannya belum lama ini.

Menurut Chandra, konsep desain hunian tersebut dirancang dengan cermat untuk mengoptimalkan bentuk dan fungsi. Masing-masing desainer membawa visi unik untuk mendefinisikan kembali kehidupan mewah, dengan menyatukan keanggunan modern, warisan budaya, dan fungsionalitas secara sempurna.

Yuni Jie, Pendiri Jie Design, seorang visioner yang menghadirkan gaya khasnya pada unit 4 kamar tidur di Savyavasa, menciptakan rumah yang canggih dan elegan. “Dalam merancang ruang hunian, saya selalu mengutamakan keseimbangan antara fungsionalitas dan gaya. Saya berusaha menciptakan lingkungan yang menenangkan dan damai sesuatu yang sangat dicari dalam gaya hidup kontemporer,” ujar Yuni.

Dengan ukuran 264 meter persegi, unit ini menawarkan ruang tamu, ruang makan, pantry, bar foyer, dan area penyimpanan yang menawan dan luas begitu Anda 
memasukinya. Setiap furnitur dipilih dengan teliti, mulai dari kursi santai Eames asli tahun 1956 yang menjadi ikon, lampu Saucer yang dirancang oleh George Nelson, serta kursi makan kantilever Thonet yang elegan dengan bahan anyaman rotan dan baja berbentuk tabung. 

Bar terbuat dari marmer Statuario yang dipahat dalam bentuk organik. Lantai kayu ek terang dengan motif Chevron memberikan karakter tersendiri pada ruangan, sementara tirai jendela otomatis dengan warna lembut melengkapi ruang dan menciptakan suasana yang tenang.

Tempat tidur poster mengambang menjadi sorotan utama dalam Kamar Tidur Utama, 
sementara tempat penyimpanan tambahan memainkan peran penting dalam menjaga 
kerapihan, menggabungkan fungsionalitas dengan daya tarik estetika.

Pengaruh Indonesia terselip dengan halus dalam dekorasi melalui seni dinding yang ditenun oleh para pengrajin wanita berbakat dari Indonesia Timur. Paduan yang harmonis antara tekstur, pola, dan warna 
menciptakan suasana yang tenang dan memikat. 

Eko Priharseno, Principal & Design Director dari AEDI Design Bureau, menawarkan keseimbangan yang sempurna antara visual yang memikat dan fungsionalitas di unit 3 kamar tidur. 

Eko memilih material berkualitas tinggi, seperti meja batu alam dan kabinet premium, untuk meningkatkan ruang dengan sentuhan mewah. Dengan memasukkan elemen desain berkelanjutan, seperti peralatan hemat energi dan perlengkapan hemat air, Eko menunjukkan 
tanggung jawab terhadap lingkungan.

“Filosofi desain kami adalah menciptakan ruang yang tidak hanya memenuhi kebutuhan pemilik rumah modern, tetapi juga indah dan praktis. Kami ingin memberikan kesan mewah sekaligus memberikan fleksibilitas kepada penghuni untuk mengonfigurasi ulang ruang 
mereka sesuai kebutuhan,” ujar Eko Priharseno.

GondoJules, pendiri di balik GondoJules, menyajikan solusi desain modern pada unit 2 kamar tidur, menggabungkan daya tarik estetika dengan keunggulan fungsional.

Dirancang khusus bagi para profesional muda. Interior dibuat dengan memerhatikan kenyamanan, dengan tata letak yang dioptimalkan untuk cahaya alami, ventilasi, dan aliran ruang yang baik. Sentuhan aksen kayu hangat meramaikan seluruh interior, sementara jendela-jendela besar memperlihatkan pemandangan alam sekitar yang menakjubkan.

“Ide di balik Savyavasa adalah menciptakan ruang hidup yang fungsional bagi para profesional muda yang tinggal di lingkungan yang dinamis. Desainnya disesuaikan dengan gaya hidup dan preferensi mereka, sambil memberikan nilai tambah untuk kualitas hidup,” kata Brian Gondokusumo, dari GondoJules.

Editor : Vien Dimyati

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *