Mengenang Bandara Kemayoran, Bandar Udara Internasional Pertama di Indonesia

  • Share

JAKARTA, iNews.id – Mengenang Bandara Kemayoran, bandar udara pertama di Indonesia. Bandara ini berlokasi di Jakarta sebelum kehadiran Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang.

Mengutip Jurnal Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni (2023) bertajuk Karya Ilmiah Sejarah Penerbangan Bandar Udara di Indonesia dari Tahun ke Tahun, Kemayoran International Airport menjadi bandara internasional pertama di Indonesia. Pemerintah kolonial Belanda meresmikan landasan pacu itu pada 8 Juli 1940.

Berdasarkan catatan Badan Layanan Umum Pusat Pengelolaan Komplek (BLU PPK) Kemayoran, bandara tersebut pertama kali dioperasikan dua hari sebelum diresmikan atau tepatnya 6 Juli 1940. Saat itu, pesawat DC-3 Dakota milik Koninklijke Nederlands Indische Luchtvaart Maatschappy (KNILM) yang diterbangkan dari lapangan udara Tjililitan atau Bandara Halim Perdanakusuma mendarat pertama kali di Bandara Kemayoran.

Sehari kemudian, pesawat sejenis diterbangkan menuju Australia, menandai pesawat pertama yang bertolak dari Bandara Kemayoran.

Aktivitas penerbangan Bandara Kemayoran pun ditutup dan dipindahkan ke Bandara Soetta, Tangerang, pada 31 Maret 1985. Saat ini, bandara tersebut menyisakan kenangan.

Lalu bagaimana sejarah Bandara Kemayoran? Berikut iNews.id rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (6/7/2024). 

Sejarah Bandara Kemayoran

BLU PPK Kemayoran mencatat landasan Bandara Kemayoran mulai dibangun pada 1934 oleh pemerintah kolonial Belanda. Bandara tersebut dikelola oleh KNILM.

Editor : Rizky Agustian

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *