Mengenal Sejarah Masjid Sunan Giri yang Berdiri sejak 1500-an, Akhirnya Resmi Bersertifikat

  • Share

GRESIK, iNews.id – Melakukan perjalanan wisata ke Gresik, belum lengkap tanpa singgah ke Masjid Ainul Yaqin. Masjid yang berada di kawasan Komplek Makam Sunan Giri ini terletak di kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Masjid ini dikenal memiliki sejarah penyebaran agama Islam di Gresik. Didirikan oleh Maulana Ainul Yaqin atau yang dikenal Sunan Giri pada 1544 Masehi. 

Sejarah Masjid Ainul Yaqin Sunan Giri

Mengutip dari duniamasjid.islamic-center pada 1857 atau saat 313 tahun masjid ini mengalami renovasi untuk pertama kalinya.

Lalu, renovasi selanjutnya dilakukan pada 1982. Meski sudah dilakukan renovasi beberapa kali model bangunan Masjid Sunan Giri masih hampir sama dengan masjid-masjid kuno lain, dengan kubah atas limas dengan tiga undakan.

Bahkan model kubah ini juga hampir sama dengan kubah yang berada di Masjid Demak, merupakan masjid pertama yang dibangun oleh semua anggota Wali Songo.

Harus Menaiki Lebih dari 100 Anak Tangga

Masjid Sunan Giri bukan hanya menjadi tempat ibadah bagi para warga sekitar. Namun pengunjung dari berbagai wilayah juga kerap datang dan beribadah di masjid tersebut. Sambil berziarah ke makam Sunan Giri yang letaknya tak jauh dari masjid. 

Untuk mengunjungi Masjid Sunan Giri ini, para pengunjung harus menaiki lebih dari 100 anak tangga. Adapun  total makam yang ada di kawasan masjid itu ada sekitar 300 makam dengan nisan yang nyaris sama serta tanpa nama. 

Baru Bersertifikat pada 2024

Menariknya, sejak tahun 1500-an masjid itu berdiri di tanah yang belum diketahui siapa pemiliknya dan belum bersertifikat. Kini setelah beribu-ribu tahun, akhirnya Masjid dan Makam Sunan Giri itu resmi bersertifikat. Sertifikat itu diberikan oleh  Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ART/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dalam kunjungan kerjanya pada Jumat (5/7/2024) di Gresik, Jawa Barat. 

Editor : Vien Dimyati

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *