Mengenal Apa Itu Konferensi Tahunan WWDC 2024 Milik Apple

  • Share

TEMPO.CO, Jakarta – Acara Worldwide Developers Conference (WWDC) tahunan milik Apple hanya tinggal menghitung jam, dimulai pada tanggal 10 hingga 14 Juni waktu setempat. Dalam acara ini, Apple akan menyajikan berbagai informasi mengenai pembaruan teranyar tekonogi pada berbagai produk yang dimilikinya. 

Worldwide Developers Conference (WWDC) merupakan singkatan dari Konferensi Pengembang Seluruh Dunia Apple. Untuk diketahui, WWDC pertama kali diadakan pada tahun 1983. Pada saat itu, nama acara ini adalah Konferensi Pengembang Perangkat Lunak Independen Apple. Para peserta melihat sekilas komputer desktop pribadi pertama dengan antarmuka grafis, yang disebut Lisa, yang diambil dari nama putri salah satu pendiri Apple yakni Steve Jobs.

Dilansir dari The Verge, dalam acara WWDC 2024 ini Apple dikabarkan akan menanamkan AI pada sistem operasinya tepatnya pada Siri sebagai titik fokusnya. Apple tampaknya akan mencap fitur AI sebagai Apple Intelligence dan mengintegrasikannya ke dalam aplikasinya.

Selain itu, Apple juga disebut sedang menjajaki kemitraan pihak ketiga untuk meningkatkan kehebatan AI-nya. Adapun peerusahaan yang dilaporkan sedang berbicara dengan Apple antara lain Google dan Anthropic.

Dilansir dari Antara, selain pengenalan Apple Intelligence, Apple akan memberikan detail fitur-fitur iOS 18 yang memanfaatkan kecerdasan artifisial (Artificial Intelligence/AI) dalam WWDC 2024. Bahasan lainnya termasuk terobosan terbaru di iOS, iPadOS, macOS, watchOS, tvOS, dan visionOS yang juga akan dilengkapi oleh fitur AI terbaru turut ditampilkan oleh Apple. 

Iklan

Sebelumnya pada 26 Maret lalu, Apple mengumumkan bahwa penyelenggaraan Worldwide Developers Conference (WWDC) tahunan akan diadakan secara online mulai 10 hingga 14 Juni 2024. Acara ini ditujukan secara gratis untuk semua pengembang dan pelajar yang memiliki minat pada Apple. 

Sebagai bentuk komitmen berkelanjutan Apple untuk membantu pengembang meningkatkan aplikasi dan game merekaI makan pada hari pembukaan WWDC24, para pengembang diberi kesempatan untuk bertatap muka dengan keynote di Apple Park. Selain bertemu, mereka juga bisa berdiskusi langsung dengan anggota tim Apple, dan mengikuti kegiatan khusus. Informasi detail serta pendaftaran untuk kegiatan ini bisa diakses melalui situs serta aplikasi Apple Developer.

Konferensi tahun ini juga menghadirkan sesi video dan kesempatan untuk berbincang bersama desainer dan engineer Apple, serta berinteraksi dengan komunitas pengembang di seluruh dunia. Mereka dapat bergabung secara online dalam acara ini melalui siaran langsung akun YouTube Apple pada 10 Juni pukul 10.00 waktu setempat atau 11 Juni, pukul 00.00 dini hari Waktu Indonesia Barat.

APPLE.COM | ANTARANEWS | BUSSINESS INSIDER
Pilihan editor: Apple Vision Pro Masuk Pasar Global, Harganya Sekitar Rp 56 Juta di Indonesia

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *