Mempermudah Konsumen Tunanetra, Google Sediakan Panduan Audio untuk Membuka Kunci Ponsel

  • Share

TEMPO.CO, Jakarta – Google mengembangkan fitur pengunci layar ponsel pada Android 15 yang bisa dibuka dengan panduan suara. Teknologi anyar bernama TalkBack ini sudah terpasang pada beberapa produk, salah satunya smartphone Pixel 6 Pro, melalui pembaruan perangkat lunak versi terbaru.

Dikutip dari PhoneArena, Rabu, 17 April 2024, pengujian TalkBack menyasar pengguna yang mengalami gangguan penglihatan dan kesulitan membuka kunci ponselnya sendiri. Fitur itu akan memudahkan konsumen tunanetra, rabun, atau gangguan sejenisnya, untuk membuka pola kunci ponsel.

Pengguna harus mendaftarkan sidik jari dan menyalakan mode TalkBack pada menu aksebilitas. Setelah menempelkan jari pada tombol khusus, audio ponsel bakal memandu pengguna perangkat.

“Geser ke atas, ke kanan, ke kiri, ke bawah,” begitu contoh audio yang muncul dari fitur TalkBack.

Iklan

Ada juga metode lain yang lebih mudah, yakni dengan mengetuk dua jari dan menggulirkannya ke bagian atas ponsel. Setelahnya, mode panduan audio tadi akan muncul. Fitur TalkBack diklaim mempermudah seluruh pengguna Google dan android yang aktif beraktivitas dengan ponsel.

Layanan tersebut bukan satu-satunya peningkatan di Android 15 versi teranyar. Google dikabarkan sedang mengembangkan fitur lain untuk membantu aktivitas pengguna produknya. Namun, pembaharuan perangkat lunak tersebut tidak untuk semua smartphone. Perusahaan hanya berfokus pada ponsel generasi terbaru saja.

Pilihan Editor: Tampilan WhatsApp Web Bakal Berubah, Tawarkan Navigasi dan Antarmuka Lebih Modern

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *