Masih di Atas China dan Malaysia

  • Share

JAKARTA, iNews.id – Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan, PMI Manufaktur Indonesia berada di posisi kelima dari seluruh negara di dunia pada April 2024. Posisi tersebut berada di atas China atau negara tetangga, Malaysia. 

PMI Manufaktur Indonesia per April berada di angka 52,9, sedangkan China baru berada di angka 51,4, dan Malaysia berada di angka 49,0.

Berdasarkan catatan S&P Global, PMI Manufaktur Indonesia pada bulan April itu turun jika dibandingkan dengan bulan Maret sebelumnya yang berada di angka 54,2.

“PMI manufaktur Indonesia masih di atas 52,9, artinya kita masih lebih baik dari negara Tiongkok maupun Malaysia,” ujar Airlangga dalam Seminar Ekonomi di Sekolah Kolese Kanisius, Jakarta Pusat, Sabtu (11/5/2024).

Airlangga menambahkan, sektor manufaktur memberikan kontribusi sebesar 20 persen terhadap perekonomian nasional. Hal itu yang membawa ekonomi Indonesia pada kuartal I 2024 lalu juga masih tumbuh positif yang berada di angka 5,11 persen secara year on year.

Editor : Aditya Pratama

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *