Marcella Zalianty Rayakan Hari Lahir Laksamana Malahayati sebagai Hari Internasional

  • Share

Marcella Zalianty(MI/Susanto)

MARCELLA Zalianty, bersama Keana Films, merayakan penetapan hari kelahiran pejuang wanita asal Aceh, Keumalahayati atau Laksamana Malahayati, sebagai hari perayaan internasional dengan menggelar private screening teater Jalasena Laksamana Malahayati di Taman Ismail Marzuki, Jakarta pada Jumat, (28/6). 

Sebelumnya Teater Jalasena Laksamana Malahayati telah dipentaskan pada tahun 2023. Pertunjukan ini menonjolkan sosok Malahayati sebagai panglima angkatan laut perempuan pertama di dunia pada abad ke-16 Kesultanan Aceh Darussalam.

Dalam acara ini, Marcella mengatakan “Sebagai bangsa yang merdeka, kita harus bangga atas warisan sejarah yang gemilang ini. Laksamana Malahayati sebagai pengingat kita bahwa semangat juang dan persatuan adalah kunci untuk mencapai kemerdekaan dan kedaulatan bangsa.”

Baca juga : Sukses Memproduksi Teater Jalasena Laksamana Malahayati, Marcella Zalianty Berharap Bisa Dijadikan Film

Selain itu, Marcella juga menekankan bahwa Malahayati bukan hanya pahlawan wanita, tetapi juga sumber inspirasi karena keberaniannya yang menunjukkan patriotisme tanpa batas gender.

“Lebih dari sekadar pahlawan wanita, Malahayati adalah inspirasi bagi generasi penerus. Ia menunjukkan bahwa keberanian dan patriotismenya tidak mengenal gender,” ungkapnya.

Pertunjukan teater Jalasena Laksamana Malahayati pertama kali diselenggarakan dalam perayaan ke-78 TNI AL pada September 2023, yang menegaskan peran Malahayati sebagai inspirasi dalam membangun kekuatan maritim Indonesia. 

Baca juga : Marcella Zalianty Perankan Laksamana Malahayati, Pelajari Logat Aceh dan Silat

Keberanian Malahayati yang luar biasa di laut dan sebagai pemimpin pasukan Inong Balee yang berjumlah 2.000 orang dalam melawan penjajah Portugis, menjadi bukti nyata kegigihan perempuan Indonesia dalam mempertahankan tanah airnya.

Oleh karena itu, The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) secara resmi menetapkan hari lahir Malahayati, sebagai Hari Internasional pada tahun 2023 dalam sidang umum ke-42 di Paris, Prancis, dengan dukungan dari berbagai negara seperti Malaysia dan Turki. 

Sekadar informasi, Laksamana Keumalahayati lahir pada 1 Januari 1550 dan wafat pada 30 Juni 1615. (Z-7)

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *