banner 728x250

Malaysia Gratiskan Tarif Tol Saat Mudik, Indonesia Bagaimana ?

  • Share
banner 468x60
Sepeda motor masuk jalan tol di Malaysia. Foto: media.malaymail.com
Pemerintah Malaysia resmi memberlakukan bebas tarif pada jalan tol untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 H. Tarif gratis ini akan berlaku selama dua hari, yakni pada 8-9 April 2024.

Menteri Kerja Raya Malaysia, Datuk Seri Alexander mengatakan, bebas tarif pada jalan tol ini berlaku untuk kendaraan kelas 1 sejak tengah malam pada 8 April, dan akan berakhir pada 11:59 malam 9 April 2024.

“Pemberian tol gratis ini sejalan dengan aspirasi pemerintah yang menitikberatkan pada kesejahteraan rakyat dan selalu membantu menekan biaya hidup masyarakat,” tulis Kementerian Kerja Karya dikutip dari akun instagram resmi @kkr_malaysia, Selasa (2/4).

Example 300x600

Tol gratis ini dikecualikan di Plaza Tol Rebuh Raya yakni, Tol Bangunan Sultan Iskandar (BSI) dan Plaza Tol Tanjung Kupang, Johor Darul Takzim.

Datuk mengatakan, setidaknya pemerintah mengeluarkan dana hingga RM 37,6 juta atau setara hampir Rp 127 triliun (kurs Rp 3.355 per RM 1) untuk memberlakukan bebas tarif pada jalan tol ini.

Jasa Marga Beri Diskon 20%

Sementara di Indonesia, PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) akan memberikan potongan tarif tol sebesar 20 persen. Hal ini berlaku untuk Jalan Tol Trans Jawa dari Jakarta menuju Semarang dan sebaliknya pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024.

Namanya Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana di Kantor Pusat Jasa Marga Jakarta Timur, Senin (4/12/2023). Foto: Ave Airiza Gunanto/kumparan

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga, Lisye Octaviana menjelaskan, diskon tarif tol ini bertujuan untuk memaksimalkan distribusi lalu lintas dan menghindari penumpukan kendaraan pada tanggal tertentu yang diprediksi menjadi arus puncak mudik dan balik.

“Pemberlakuan potongan tarif ini merupakan bentuk pelayanan maksimal dari Jasa Marga yang sesuai prinsip Environment, Social and Governance (ESG) dan berharap dapat memberikan manfaat untuk masyarakat,” kata Lisye dalam rilis resmi, Senin (1/4).

Adapun potongan tarif tol ini berlaku dari Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek menuju GT Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang pada arus mudik dan dari GT Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang menuju GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada arus balik.

Sementara itu untuk arus balik, potongan tarif tol hanya untuk kendaraan asal GT Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang dan transaksi keluar di GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek mulai Rabu, 17 April 2024, pukul 05.00 WIB, hingga Jumat, 19 April 2024 pukul 05.00 WIB.

Alasan Pemerintah Tak Bisa Kasih Tarif Tol Gratis

Presiden Joko Widodo (kanan) berbincang bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat meninjau proyek Tol IKN di Jembatan Pulau Balang, Kalimantan Timur, Rabu (1/11/2023). Foto: Hafidz Mubarak A/ANTARA FOTO

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mengakui, tak bisa menerapkan kebijakan tarif tol gratis saat Lebaran seperti pemerintah Malaysia. Sebab, kewenangan tarif tol berada di ranah investor.

“(Keputusan penerapan tarif tol gratis) itu kan investasi, investor. Saya pun enggak bisa perintah, saya hanya minta telepon di-approach orang lain bisa diskon, akhirnya mereka yang inisiatif sendiri untuk mendiskon,” kata Basuki saat ditemui di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (1/4).

Menyambung jawaban Basuki, Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian menyebut penerapan diskon tarif tol bersifat sukarela. Jika pemerintah mengeluarkan kewajiban agar Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) mengeluarkan kebijakan diskon, Badan Usaha tersebut akan menagih ke pemerintah.

Source link

banner 325x300
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *