Laufey jadi Tamu Spesial Java Jazz 2024, Begini Perjalanan Kariernya

  • Share

CANTIKA.COM, Jakarta – Penyanyi dan penulis lagu asal Islandia, Laufey bakal menjadi tamu spesial dalam Java Jazz Festival 2024. Ini merupakan kali kedua dia tampil di festival musik jazz terbesar di Indonesia, usai sukses menghibur para penggemarnya pada konser tahun lalu. Bagi yang ingin mengenal lebih dekat perempuan dengan nama lengkap Laufey Lín Bing Jónsdóttir ini, berikut perjalanan kariernya.

Perjalanan Karier Laufey

Setelah tampil sebagai solois cello dengan Iceland Symphony Orchestra pada usia 15 tahun, Laufey adalah finalis dalam Iceland’s Got Talent edisi 2014. Ia juga menjadi semifinalis dalam The Voice Iceland pada tahun berikutnya.

Pada 6 April 2020, Laufey merilis single debutnya, “Street by Street”, yang berhasil menduduki peringkat pertama di Icelandic Radio. Dia kemudian meluncurkan mini album atau EP pertamanya, Typical of Me, pada 30 April 2021. Album ini berisi “Street by Street” dan enam lagu lainnya, yang ditulis di kamar asrama kampusnya.

Rolling Stones secara khusus memuji penampilannya dalam lagu “I Wish You Love.” American Songwriter memasukkan EP tersebut ke dalam daftar album terbaik tahun 2021. Selain itu, Typical of Me mendapat perhatian dari musisi seperti Willow Smith dan Billie Eilish.

Pada tahun yang sama, Laufey menjadi pembawa acara musik mingguan di BBC Radio 3 selama musim semi dan musim panas yang disebut Happy Harmonies. Pada kesempatan itu, ia menyoroti musik yang membangkitkan semangat dalam berbagai macam genre.

Pada November 2021, Laufey tampil di London Jazz Festival. Sekitar waktu yang sama, perempuan kelahiran 23 April 1999 itu berkolaborasi dengan London Philharmonic Orchestra, untuk merilis lagunya “Let You Break My Heart Again.” Sebulan kemudian, ia berkolaborasi dengan penyanyi Dodie untuk merilis single lainnya, “Love To Keep Me Warm”, sebuah cover dari lagu “Winter Weather” karya Ted Shapiro.

Tahun 2022 menandai debutnya di televisi jaringan Amerika Serika. Dia tampil sebagai tamu musik di Jimmy Kimmel Live! pada 21 Januari. 

Album perdananya, Everything I Know About Love, dirilis pada 26 Agustus 2022 yang mendapatkan pujian. Di tangga lagu Album Artis Baru Alternatif Billboard, album ini mencapai puncaknya saat bertengger di nomor satu.

Pada Agustus 2023, diumumkan bahwa Laufey menandatangani kontrak penerbitan global dengan Warner Chappell Music (WCM). Bulan berikutnya, album keduanya, Bewitched, dirilis pada 8 September 2023. Seminggu sebelum perilisan, dia membocorkan partiturnya kepada para penggemar untuk dapat menyimpan album tersebut.

Album ini mendapat pujian kritis dan kemenangan Grammy Award pertama Laufey, untuk Album Vokal Pop Tradisional Terbaik di Penghargaan Grammy Tahunan ke-66. Saat itu, dia tampil bersama Billy Joel di nomor penutup, “Turn the Lights Back On.” Lagu “From the Start” dalam album tersebut meraih kesuksesan tangga lagu moderat di Kanada, Selandia Baru, dan Inggris.

Pilihan Editor: Perjalanan Karier Selena Gomez di Akting dan Musik, Lebih dari Dua Dekade

YUNI ROHMAWATI

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *