Kuasa Hukum Ungkap Kondisi Harvey Moeis Setelah jadi Tersangka dan Ditahan Kejagung: Masih Syok

  • Share

TEMPO.CO, Jakarta – Kuasa Hukum Harvey Moeis, Harris Arthur Hedar mengungkapkan kondisi terkini usai suami dari aktris Sandra Dewi ditetapkan sebagai tersangka soal kasus tindak pidana korupsi dalam tata niaga komuditas timah wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah Tbk tahun 2015 sampai 2022, pada 27 Maret 2024 lalu. Harvey Moeis diperiksa dan ditahan pada hari yang sama. 

“Pak Harvey masih tidak menyangka, beliau masih syok. Niat awalnya baik datang sebagai saksi, tahunya setelah diperiksa jadi tersangka,” kata Harris saat ditemui di Jakarta Barat, pada Jumat, 19 April 2024. 

Pemeriksaan Harvey Moeis pada 27 Maret lalu, dimulai sejak pukul 10.00 WIB sebagai saksi,  lalu sekitar pukul 17.00 WIB sudah ditetapkan sebagai tersangka. Menurut Harris, penasihat hukum langsung diminta menemani dan ditanya 3 pertanyaan terkait hak dan kewajiban Harvey Moeis sebagai tersangka. “Ya sudah selepas itu langsung digiring,” ucap Harris. 

Satu minggu setelah Harvey Moeis dipenjara, Harris sudah dua kali menjenguk kliennya itu. Namun Harvey Moeis enggan bercerita banyak soal apa saja yang ditanyakan oleh penyidik, saat statusnya masih sebagai saksi. “Masih sibuk dengan pikirannya, jadi belum banyak informasi yang bisa saya peroleh dari Pak Harvey,” jelasnya. 

Iklan

Selain itu, ia juga tidak ingin mengajukan praperadilan karena ingin membuktikan seluruhnya di pengadilan. Harvey Moeis tetap menjalani harinya di Rumah Tahanan (Rutan) Cabang Negeri Jakarta Selatan. “Saya sempat tanya apa enggak praper aja, beliau bilang tidak usah kita buktikan di pengadilan saja,” ucap Harris, menyampaikan saat dirinya menjeguk Harvey Moeis. 

Ihwal dua mobil mewah yaitu Rolls-Royce, Mini Cooper, yang disita Kejaksaan Agung pada 1 April 2024, dan teranyar pada Jumat, 19 April 2024, Kejagung menyita mobil Lexus dan Vellfire milik Harvey, Harris belum bisa memastikan bahwa kendaraan tersebut adalah hasil dari PT Timah. Sebab, Harvey Moeis juga seorang pengusaha tambang dan lainnya. “Sampai saat ini beliau juga masih pengusaha, jadi nanti kita lihat aja gimana nanti hasilnya dari penyidik,” tuturnya. 

Pilihan Editor: Pengacara Ungkap Rekening Sandra Dewi yang Sempat Diblokir Kejagung Sudah Dibuka Aksesnya

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *