Komik tentang Si Pitung Menarik Perhatian Penggemar

  • Share

Ilustrasi.(Freepik)

KARYA komik Beyondtopia berjudul Bandits of Batavia mengumpulkan dana kampanye melalui platform pengumpul dana www.kickstarter.com sebanyak US$6.000+ selama kurang dari 30 hari. Angka tersebut merupakan hasil kegiatan urun dana sebanyak 200+ backers yang dimulai dari 11 Juni hingga 11 Juli 2024. Komik Bandits of Batavia didaulat sebagai komik asal Indonesia yang meraih pendanaan terbesar di Kickstarter saat ini.

Komik yang mengangkat cerita rakyat Betawi Si Pitung itu juga merupakan komik Indonesia pertama yang sukses di Kickstarter. Ini karena cerita yang menarik dan relatable disertai dengan desain karakter unik. Ini baru edisi 1. Dalam waktu dekat akan dirilis edisi selanjutnya dengan cerita yang lebih mendebarkan.

Hal ini diungkapkan oleh Bryan Valenza, Comic Colorist yang menjadi kreator Komik Bandits of Batavia. Komik Bandits of Batavia merupakan deretan karya komik antologi yang berjudul Beyondtopia Legends yang belum lama diluncurkan di Amerika Serikat. 

Baca juga : Usai AS, Komik Legenda Indonesia Beyondtopia Pikat Asia Tenggara

Bryan terinspirasi mengangkat cerita rakyat lokal karena banyak nilai filosofi yang bisa menjadi pelajaran hidup bermakna untuk generasi sekarang dan yang akan datang. Selain kisah Si Pitung dalam Komik Bandits of Batavia, ada cerita Gatotkaca, Bawang Putih, Lutung Kasarung, dan Timun Mas.

Dalam karyanya, Comic Colorist yang jejaknya terkenal di dunia komik internasional ini turut menggandeng beberapa kreator lain seperti Henry Barajas sebagai co-writer dan sejumlah ilustrator ternama dari dalam dan luar negeri seperti Ario Murti, Ario Anindito, Tyler Kirkham, dan Philip Tan.

Bryan pernah digandeng Marvel dan DC Comics dalam beberapa project. Dari pengalaman dan bekal yang matang tersebut, pria lulusan Institut Teknologi Nasional ini memberanikan diri untuk membuat dan merilis karya komik sendiri.

“Saya tidak akan berhenti sampai Bandits of Batavia. Ke depan akan banyak karya komik lain yang akan mengangkat cerita di Indonesia dengan harapan cerita urban bukan lagi sekadar cerita masyarakat yang diwarisakan turun temurun melainkan juga bisa naik kelas dan dinikmati oleh seluruh masyarakat dunia,” tandasnya. (Z-2)

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *