Kisah Kapal Perang Kuno Kerajaan Demak yang Ditakuti Portugis, Tak Mempan Ditembak Meriam

  • Share

MALANG, iNews.id – Sejarah mencatat pertempuran hebat pernah terjadi di selat Malaka. Armada laut kapal perang Kerajaan Demak dikerahkan untuk menyerang Portugis habis-habisan yang kala itu mulai menguasai jalur perdagangan di Malaka.

Penyerangan ini berada di bawah komando Sultan Demak kedua Pati Unus yang menyerang Portugis di Malaka. Ribuan prajurit dan perlengkapan persenjataan canggih kala itu dipersiapkan oleh Pati Unus.

Tercatat ada ribuan pasukan gabungan dihimpun Pati Unus dari Jepara dan Palembang. Total 5.000 pasukan dibawa dengan menaiki 100 kapal.

Pasukan yang dipimpin Pati Unus berangkat pada Januari 1513 Masehi. Menariknya dari seluruh armada yang dibawa, ada satu armada kapal besar yang menyita perhatian musuh dan warga sekitar Malaka. Sebab Pati Unus membawa kapal super besar yang di masa itu dibuat selama 3 tahun lamanya.

Dikutip dari buku ‘Hitam Putih Kesultanan Demak: Sejarah Kerajaan Islam Pertama di Jawa dari Kejayaan Hingga Keruntuhan’, catatan dari kapten armada Portugis Fernao Peres de Andrade.

Pada catatan sang kapten armada Portugis, dia menyebut ada kapal yang luar biasa dibawa armada Demak di bawah pimpinan Pati Unus. 

Editor: Donald Karouw

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *