Keunikan Nama UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, tapi Lokasi di Ciputat

  • Share

JAKARTA, iNews.id – Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta selalu menarik perhatian karena lokasinya di Ciputat, Tangerang Selatan. Padahal ada nama Jakarta dalam kampus tersebut.

Kampus tersebut memang berbatasan dengan kawasan Bintaro, Jakarta Selatan.

Melansir dari situs resmi UIN Jakarta, Selasa (9//7/2024), sebelum ada pemekaran wilayah provinsi, kampus UIN Jakarta berada di wilayah Jawa Barat di Kabupaten Tangerang. Namun, sejak pemekaran menjadi dua provinsi tahun 2000, kampus itu kini berada di wilayah Banten.

Semasa Rektor Komaruddin Hidaya pada 2006-2015, UIN Jakarta kerap mengundang gubernur tiga provinsi DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat dalam berbagai acara.

Nama Jakarta telah melekat erat dengan UIN Jakarta, mencerminkan sejarah panjangnya yang bermula dari Akademi Dinas Ilmu Agama (ADIA) dan kemudian Institut Agama Islam Negeri (IAIN). 

Hal ini menandakan bahwa UIN Jakarta memiliki hubungan yang mendalam dengan Provinsi Jakarta, baik secara moral maupun emosional. Kontribusi UIN Jakarta terhadap kemajuan wilayah Jakarta tak perlu diragukan lagi.

Lebih lanjut, keberadaan UIN Jakarta di wilayah penyangga Jakarta, yaitu Provinsi Banten, juga menjadi alasan penting untuk menjalin hubungan erat dengan gubernur Banten. 

Secara geografis, UIN Jakarta berada di tengah-tengah wilayah Banten, sehingga peran dan kontribusinya terhadap pembangunan daerah tersebut juga tak kalah signifikan.

Namun, UIN Jakarta juga punya ikatan dengan Jawa Barat karena mayoritas mahasiswanya berbahasa Sunda.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *