Keras! Senator AS Bernie Sanders Sebut Netanyahu Penjahat Perang

  • Share

WASHINGTON DC, iNews.id – Senator AS Bernie Sanders menyebut Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu sebagai penjahat perang. Pernyataan itu dia sampaikan sebagai reaksi atas rencana Netanyahu untuk datang ke Kongres AS.

Pada Sabtu (1/6/2024), Netanyahu menerima undangan dari para pemimpin Kongres AS untuk berpidato dalam sesi pertemuan gabungan parlemen Amerika itu, untuk mendukung Israel dalam perang melawan “terorisme”. Tanggal pasti kunjungan Netanyahu ke Kongres AS belum diketahui.

“Benjamin Netanyahu adalah penjahat perang. Dia tidak seharusnya diundang untuk berpidato di pertemuan gabungan Kongres. Saya pasti tidak akan hadir,” kata Sanders di media sosialnya.

Senator tersebut mengatakan, dia setuju dengan surat perintah penangkapan Mahkamah Pidana Internasional (ICC) terhadap Netanyahu dan pemimpin Hamas, Yahya Sinwar. “Orang-orang ini terlibat dalam pelanggaran hukum internasional yang jelas dan keterlaluan,” ujarnya.

Pada 20 Mei, Jaksa ICC Karim Khan mengajukan permintaan surat perintah penangkapan terhadap lima orang atas dugaan kejahatan perang di Gaza. Mereka adalah Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan Menteri Pertahanan Yoav Gallant, serta tiga pemimpin Hamas yaitu Yahya Sinwar, Ismail Haniyeh, dan Mohammed Diab Ibrahim Masri.

Tak hanya dugaan kejahatan perang, Khan juga memdakwa kelima orang itu melakukan kejahatan terhadap kemanusiaan sejak Oktober 2023. Dakwaan itu dibuat jaksa ICC tersebut berdasarkan bukti-bukti yang dikumpulkan dan diperiksa oleh kantornya.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *