Kementan Genjot Kompetensi Petugas PIP Guna Sediakan Informasi Pasar Produk Perkebunan Unggulan

  • Share

Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Petugas Pelayanan Informasi Pasar Perkebunan, Selasa (14/5), di Jakarta.(Dok Kementan)

PERKEMBANGAN data dan informasi pasar produk perkebunan unggulan tidak terlepas dari peran petugas pelayanan informasi pasar (PIP) perkebunan. Mengingat pentingnya hal tersebut, Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Direktorat Jenderal Perkebunan terus berupaya meningkatkan kompetensi petugas PIP perkebunan agar tersedia data dan informasi pasar produk perkebunan unggulan. 

Sebelumnya, Direktur Jenderal Perkebunan (Dirjenbun), Andi Nur Alam Syah, mengungkapkan pentingnya data dan informasi yang dikumpulkan oleh petugas PIP, karena menjadi data pendukung dalam penentuan kebijakan pengembangan subsektor perkebunan oleh pimpinan. “Tak hanya itu, peran petugas PIP menyediakan data simetris dalam memberikan informasi perkembangan pasar poduk-produk unggulan,” ujar Andi Nur dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Petugas Pelayanan Informasi Pasar Perkebunan, Selasa (14/5), di Jakarta.

Sejalan dengan Dirjenbun, Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perkebunan, Prayudi Syamsuri, saat memberikan arahan pada Rakornas mengungkapkan, “Penyebaran informasi pasar harus diterima kebermanfaatannya oleh petani maupun pemangku kebijakan terkait, sehingga wajib bagi petugas PIP menyebarkan informasi harga tersebut baik melalui media sosial maupun media cetak.” 

Baca juga : Kementan Lindungi Pekebun Swadaya, Sempurnakan Regulasi Harga Pembelian TBS

Prayudi menambahkan pada momen ini pihaknya melakukan evaluasi terhadap kinerja pelaporan petugas PIP provinsi dan petugas PIP kabupaten. Jawa Barat menjadi provinsi terbaik dalam menyampaikan laporan PIP melalui platform Sipasbun disusul Aceh dan Kalimantan Barat masing-masing menduduki peringkat kedua dan ketiga.

Tak hanya itu, lebih lanjut Prayudi mengatakan, apresiasi kinerja petugas PIP provinsi terbaik juga diberikan kepada petugas PIP Sumatra Utara, Jambi, dan Lampung secara berturut-turut sebagai petugas provinsi terbaik pertama, kedua, dan ketiga. Sedangkan petugas PIP kabupaten terbaik pertama sampai kelima secara berturut-turut diberikan kepada PIP Bandung Barat, PIP Tasikmalaya, dan PIP Sukabumi, PIP Pidie, dan PIP Sumedang.

“Melalui apresiasi tersebut diharapkan dapat meningkatkan motivasi petugas PIP untuk terus meningkatkan kompetensi dan profesionalitas dalam penyediaan data dan informasi pasar produk perkebunan unggulan nasional kepada petani, stakeholders, maupun masyarakat,” harap Prayudi. (RO/Z-2)

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *