Kebun Binatang Washington DC akan Kembali Dapat Dua Panda dari Tiongkok

  • Share

Panda bernama Tian Tian di Kebun Binatang Nasional Smithsonian, Washington DC pada 7 November 2023.(AFP/Jim WATSON)

KEBUN Binatang Nasional Smithsonian di Washington DC akan kembali menerima dua ekor panda dari Tiongkok. Hal itu diumumkan kebon binatang itu, Rabu (29/5).

Panda jantan berusia 2 tahun Bao Li dan panda betina yang juga berusia 2 tahun, Qing Bao, dijadwalkan tiba di kebun binatang di ibu kota Amerika Serikat (AS) itu pada tahun ini.

Kabar mengenai kedatangan kedua panda itu diumumkan melalui video yang dirilis pada Rabu (29/5) yang menampilkan Ibu Negara Jill Biden yang menyebut kedatangkan kedua panda itu sebagai momen bersejarah.

Baca juga : Kebun Binatang Washington Pulangkan Panda ke Tiongkok

Kedatangan kedua panda itu menjadi babak baru dari diplomasi panda Tiongkok ke AS dan terjadi di tengah ketegangan antara kedua negara.

Kedatangan kedua panda itu terjadi enam bulan setelah tiga ekor panda dikembalikan ke Tiongkok dari Kebun Binatang Nasional Smithsonian.

Kebun Binatang Smithsonian menyebut Bao Li adalah anggota keluarga panda yang sebelumnya menghuni kebun binatang tersebut.

Baca juga : Tiongkok Perluas Kerja Sama Konservasi Panda Raksasa

“Momen bersejarah ini merupakan bukti bahwa kolaborasi kami dengan rekan-rekan kami di Tiongkok sangat bermanfaat,” ujar Direktur Kebun Binatang Nasional Smithsonian Brandie Smith.

Kedatangan kedua panda itu merupakan hasil dari kesepakatan baru yang didatandatangani oleh Kebun Binatang Nasional Smithsonian dengan Asosiasi Konservasi Hewan Liar Tiongkok (CWSA).

Kesepakatan itu berisi pengiriman dua ekor panda untuk dikembangbiakan oleh Kebun Binatang Nasional Smithsonian selama 10 tahun sementara kebun binatang itu akan membayar dana sebesar US$1 juta per tahun kepada CWSA untuk mendukung upaya konservasi dan penelitian panda.

Baca juga : Panda di AS akan Pulang Kampung ke Tiongkok

Dalam kesepakatan itu dinyatakan kedua panda dan keturunannya akan tetap menjadi milik Tiongkok dan anak panda yang lahir di kebun binatang itu akan dikembalikan ke ‘Negeri Tirai Bambu’ itu di usia 4 tahun. 

Panda telah menghuni Kebun Binatang Nasional Smithsonian selama lebih dari 5 dekade dan menarik jutaan pengunjung dari berbagai penjuru dunia.

Hewan itu merupakan simbol hubungan baik dengan Tiongkok, yang pertama kali menghadiahkan sepasang panda kepada AS setelah kunjungan bersejarah Richard Nixon ke Beijing pada 1972. (bbc/Z-1)

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *