Kalau di Balik Kaya Kuburan 

  • Share

JAKARTA, iNews.id – Viral video memperlihatkan fenomena awan berbentuk aneh di langit Jember, Jawa Timur. Kejadian itu langsung menarik perhatian warganet dan dikaitkan dengan pertanda terjadinya bencana alam. 

Akun TikTok @efiyfakiyza mengunggah video yang menunjukkan awan berbentuk aneh di depan sebuah sekolah. Puluhan siswa yang sedang menikmati istirahat juga ikut melihatnya. 

“Fenomena alam guys, Allahuakbar, Subhanallah, apa ini ya? Kayak kolam renang lho. Tapi yo kayak rusuk juga,” kata perempuan perekam video tersebut.

Awan itu memenuhi langit pada siang hari.  Tapi, ada bagian tertarik ke bawah yang menciptakan sebuah gundukan. Bahkan, lubang yang tercipta cukup besar, sehingga cukup mengerikan. 

Dalam kolom komentar, banyak warganet yang menjelaskan bentuk awan itu. Kejadian itu merupakan fenomena awan yang dinamakan Fallstreak. Lubang fallstreak juga dikenal sebagai awan lubang pukulan yang merupakan celah besar berbentuk lingkaran atau elips, yang dapat muncul di awan cirrocumulus atau altocumulus. 

Melansir National Weather Service, proses terjadinya Fallstreak akibat awan tingkat tinggi hingga menengah, seperti altocumulus, sering kali terdiri dari tetesan air kecil yang jauh lebih dingin daripada titik beku, namun belum membeku. 
Tetesan air yang sangat dingin ini memerlukan alasan untuk membeku, yang biasanya berbentuk kristal es. Pesawat yang melewati lapisan awan dapat memunculkan kristal es tersebut.

Setelah kristal es masuk dalam kumpulan awan, tetesan air dengan cepat membeku, berkembang, dan mulai turun. Ini menyebabkan sebuah lubang, yang akan mulai melebar saat tetesan di sekitarnya mulai membeku.

Warganet yang belum mengetahui fenomena tersebut mengaitkannya dengan tanda terjadinya bencana alam di Indonesia. Mereka meminta semua orang di Jawa Timur, khususnya Jember, untuk tetap waspada.

“Mau ada gempa di lanjut stunami,,,tetap waspada warga jemberr,” kata @Cason***.

“Waspada aja,jika ada fenomena alam SPT itu,tetep mengingat Allah SWT, dl sblm gempa Jogja 2006 jg ada fenomena alam di langit.semoga kita semua dlm lindungan Allah SWT.Amin,” tulis @Kore***.

“Itu namanya fenomena fallstreak hole awan yang terkondensasi dalam titik beku tertentu,” ujar @alsi***.

“kalau di balik kyk kuburan,apakah akan ada bencana besar di negeri ini?” kata @catat***

Editor : Dini Listiyani

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *