Kalahkan Jamaika, Ekuador Bukukan Kemenangan Pertama di Copa Amerika

  • Share

Para pemain Ekuador melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Jamaika di laga Copa America(AFP/CHRIS CODUTO)

TIMNAS Ekuador berhasil mengamankan poin penuh pertama mereka usai mengalahkan Jamaika dengan skor 3-1 dalam di laga Grup B Copa Amerika di Allegiant Stadium, Las Vegas, Kamis (27/6) WIB.

Kedua tim, yang sama-sama mengincar kemenangan pertama, saling membangun serangan untuk menciptakan peluang sejak awal laga.

Ekuador, yang mendominasi penguasaan bola di awal laga, berhasil membuka keunggulan setelah sepakan keras melengkung Piero Hincapie dari sudut kiri di dari luar kotak penalti tidak sanggup dihalau kiper Jahmali Waite pada menit 13.

Baca juga : Meksiko vs Jamaika: Meksiko Menang Tipis atas Jamaika di Copa América

Setelah unggul 1-0, anak asuh Feliz Sanchez terus melayangkan tekanan untuk memperlebar keunggulan. Sementara, Jamaika juga terus mencoba menciptakan peluang melalui serangan balik, namun Antonio dan kawan-kawan belum bisa memecahkan kebuntuan.

Beberapa kali bola mati dari tendangan sudut dan tendangan bebas juga tidak menciptakan ancaman serius bagi pertahanan Ekuador.

Jelang berakhirnya babak pertama, Ekuador menciptakan peluang setelah bola sundulan mengenai tangan Greg Leigh di dalam kotak penalti.

Baca juga : Imbang Lawan Brasil, Ekuador Lolos ke Perempat Final

Wasit Christian Garay memutuskan untuk melihat kembali tayangan video assistant referee (VAR) hingga menetapkan terjadi pelanggaran yang berbuah hadiah penalti bagi Ekuador.

Kendry Paez pun sukses mengeksekusi penalti pada menit ke 45+5 hingga memperlebar keunggulan Ekuador menjadi 2-0 pada hingga babak pertama berkahir.

Jamaika kembali meningkatkan daya serangan melalui permainan cepat untuk mengejar ketertinggalan ketika laga memasuki babak kedua

Baca juga : Delapan Tim Dipastikan ke Perempat Final Copa America 2021

Anak asuh pelatih Heimir Hallgrimsson akhirnya berhasil memecah kebuntuan pada menit ke-54. Sepakan Michail Antonio, yang lolos dari pengawalan di depan gawang, sukses melesatkan si kulit bundar ke dalam gawang Ekuador  hingga mengubah skor menjadi 1-2.

Jamaika terus mencoba mengkreasikan peluang untuk menyamakan kedudukan, sementara Ekuador juga membangun serangan cepat untuk memperlebar keunggulan.

Jelang laga usai, Alan Minda menambah keunggulan Ekuador menjadi 3-1 atas Jamaika pada menit ke-90+1. Gol itu tercipta melalui dari serangan balik saat Minda menggiring bola hingga menembus pertahanan lawan sampai ke kotak penalti, lalu melepaskan tendangan yang tidak bisa digagalkan kiper Jahmali Waite.

Kemenangan tersebut membawa Ekuador memimpin klasemen sementara Grup B Copa Amerika dalam dua kali pertandingan (satu kali kalah pada laga sebelumnya melawan Venezuela dengan skor 1-2).

Sementara, Venezuela dan Meksiko, yang sama-sama mengantongi tiga poin, akan berebut posisi puncak klasemen melalui laga kedua tim pada Kamis (26/6) WIB. (Ant/Z-1)

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *