Kain Kiswah Kakbah Diganti Tahun Baru 1 Muharram 1446 H, 159 Petugas Dikerahkan

  • Share

MAKKAH, iNews.id – Otoritas Arab Saudi akan mengganti kain Kiswah Kakbah pada 1 Muharram 1446 yang jatuh pada Minggu (7/7/2024). Sebanyak 159 tenaga ahli dan petugas Masjidil Haram dikerahkan untuk mengganti kain penutup Kakbah tersebut.

Seremoni penyerahan kain Kiswah telah dilakukan pada 18 Juni lalu. Mewakili Penjaga Dua Masjid Suci Raja Salman bin Abdulaziz, Gubernur Makkah yang juga menjabat Wakil Ketua Komite Haji, Pangeran Saud bin Mishal Wakil, menyerahkan Kiswah kepada perwakilan pemegang kunci dan penjaga Kakbah, Abdul Malik Al Shaibi.

Kiswah lama akan dilepas dan diganti dengan yang baru, terdiri atas empat sisi yang dibuat terpisah ditambah satu kain sebagai tirai pintu. 

Lebih dari 200 pengrajin dan pegawai pemerintah Saudi yang telah mendapat latihan khusus membuat kain Kiswah secara manual maupun menggunakan mesin. Proses pembuatan dilakukan di Kompleks King Abdulaziz yakni di lingkungan Umm Al Jud, Makkah.

Tahapan dalam membuat kain Kiswah meliputi penyulaman sabuk Kakbah, menenun kain menggunakan tangan dan mesin, pencetakan, penghiasan, dan pewarnaan. Kompleks tersebut memiliki fasilitas khusus untuk pewarnaan dan tenun otomatis, tenun manual, pencetakan, pembuatan sabuk, pelapisan emas, serta penjahitan dan perakitan.

Bagian menjahit dan perakitan menggunakan mesin terbesar di dunia yang panjangnya 16 meter dan dioperasikan menggunakan sistem komputer. 

Kain Kiswah dibuat menggunakan sekitar 1 ton sutra mentah yang diwarnai hitam, 120 kilogram benang emas, dan 100 kilogram benang perak. Kiswah terdiri atas lima lembar kain, empat di antaranya menutupi setiap sisi Kakbah. Sementara kain kelima tirai yang untuk pintu Kakbah.

Kain Kiswah memiliki tinggi 14 meter. Di sepertiga bagian atas dipasang sabuk dengan ukuran lebar hampir 1 meter dan panjang 47 meter. Ada 16 sabuk yang dibuat dengan hiasan segi empat.

Editor : Anton Suhartono

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *