Kaesang Pangarep: Tanggapan Jokowi Soal Pilkada 2024 hingga Respons PSI

  • Share

TEMPO.CO, Jakarta – Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia atau PSI Kaesang Pengarep menargetkan kemenangan semua kandidat kepala daerah yang didukung di Pilkada 2024 serentak. Hal itu diungkapkan Ketua DPD PSI Kota Solo Antonius Yogo Prabowo di Rumah Solidaritas Manahan, Solo, Jumat, 10 Mei 2024.

“Target kami tidak boleh ada kata kalah. Sebenarnya bukan hanya Solo ya. Mas Kaesang itu semua Pilkada di Indonesia yang kita punya kader atau kader dari luar yang akan daftar ya targetnya menang semua, apalagi Solo,” kata Yogo.

Belakangan nama Kaesang Pangarep disoroti, karena Relawan Nasional Pro Prabowo-Gibran mendorong anak bungsu Jokowi itu untuk maju Pilkada Kota Bekasi 2024. Pada Senin, 6 Mei 2024, mereka sudah berkunjung ke kantor DPC Partai Kebangkitan Bangsa atau PKB Kota Bekasi untuk mengambil formulir penjaringan Kaesang.

Tentang Kaesang Pangarep

1. Respons Jokowi

Presiden Jokowi yang merupakan ayah dari Kaesang enggan mengomentari pencalonan putra bungsunya di Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada 2024 sebagai calon Wali Kota Bekasi, Jawa Barat. “Tanyakan ke partai,” kata Jokowi di sela kunjungan kerja di Karawang Jawa Barat, Rabu, 8 Mei, sebagaimana dikutip dari Antara, Rabu, 8 Mei 2024.

“Tanyakan ke PSI, itu urusan partai,”ucapnya

2.  Tanggapan PSI

Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie menilai para relawan yang mengambil formulir penjaringan untuk Kaesang di Kantor DPC PKB Kota Bekasi itu merupakan aspirasi warga.

“Mungkin pengakuan dari masyarakat bahwa sosok pemimpin muda seperti Mas Kaesang diperlukan untuk memperbaiki Indonesia,” katanya, Selasa, 7 Mei 2024. “Bukan keinginan PSI dan Mas Kaesang.”

Iklan

3. Pandangan Pengamat Politik

Pakar ilmu politik Universitas Padjadjaran Caroline Paskarina menilai sah-sah saja jika Relawan Nasional Pro Prabowo-Gibran (Pa-Gi) mengambil formulir penjaringan calon Wali Kota Bekasi di Pilkada 2024 untuk Kaesang Pangarep.

“Akan tetapi, apakah nantinya akan berlanjut pada kandidasi oleh PKB, akan ditentukan oleh mekanisme yang berlaku di PKB,” kata Caroline, sebagaimana dikutip dari Antara, Rabu, 8 Mei 2024.

4. Wacana Untuk Maju di Pilgub Jakarta

Pada Maret 2024, PSI sempat menyatakan, mereka menjagokan Kaesang untuk maju sebagai calon Gubernur DKI Jakarta jika persyaratannya terpenuhi.

“Untuk Mas Kaesang, menurut saya, beliau sosok figur yang sangat baik,” kata Ketua Fraksi PSI DPRD DKI William Aditya Sarana di Kantor DPW PSI DKI Jakarta, Rabu, 27 Maret 2024, dikutip Antara. Jika nantinya Kaesang mampu memenuhi persyaratan administratif pendaftaran calon gubernur (cagub) DKI, kata William, maka tidak segan untuk mengusungnya.

DEFARA DHANYA PARAMITHA | DANIEL A. FAJRI | ADI WARSONO | ANTARA

Pilihan Editor: Kaesang Targetkan Kandidat PSI Menang di Semua Pilkada 2024

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *