Kabupaten Trenggalek Jadi Tuan Rumah Putri Otonomi Indonesia 2024

  • Share

INFO NASIONAL – Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) sukses menggelar Opening Garnd Final Putri Otonomi Indonesia (POI) 2024, di Tebing Kapuh, Kabupaten Trenggalek ,pada Jumat, 7 Juni 2024. 

Kabupaten Trenggalek yang menjadi tuan rumah dari pemilihan POI menghadirkan pagelaran musik hingga seni tari untuk menyambut para kepala daerah. Beberapa makanan khas Trenggalek pun turut disajikan saat makan malam bersama.

Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin mengatakan, Tebing Kapuh dipilih sebagai tempat Opening Grand Final POI 2024 menjadi bukti komitmen pemerintah untuk memberdayakan bekas pertambangan yang notabene sudah rusak dan tebengkalai menjadi tempat wisata yang indah.

“Ini menunjukkan semangat bahwa  yang dulunya tambang yang kemudian merusak itu bisa di create menjadi satu tempat kreatif tanpa harus diambil atau dirusak batunya dan sebagainya. Ternyata batunya dibuat background untuk show musik dan tari cantik dan bisa membuat terkesan beberapa delegasi” ujarnya, Jumat, 7 Juni 2024.

Ketua APKASI sekaligus Bupati  Dharmasryara, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, mengapresiasi kinerja Bupati Trenggalek karena bisa menyulap bekas tambang menjadi tempat pagelaran yang spektakuler. Menurutnya, ini menjadi salah satu bukti jika kabupaten-kabupaten di Indonesia memiliki tempat yang indah untuk dikunjungi. 

“Ini menunjukkan bahwasanya kabupaten-kabupaten yang ada di Indonesia mempunyai tempat-tempat yang bagus dikunjungi dan ini memperlihatkan wisata-wisata di daerah di kabupaten bisa lebih eksis lagi,” kata dia.

Sutan mengatakan, APKASI menggelar POI di beberapa daerah berbeda menjadi salah satu cara untuk mempromosikan potensi di kabupaten yang jarang menjadi sorotan. Kata dia, kedepannya APKASI akan fokus dalam sosialisasi dan promosi potensi daerah sehingga antarkabupaten bisa saling belajar.

Intinya, APKASI itu memberikan akses kepada semua kawan-kawan karena itu rumah bersama untuk bertukar pikiran supaya setiap daerahnya saling menunjang, saling membantu,” ujanya.

Direktur Eksekutif APKASI, Sarman Simanjorang mengatakan, sebagai salah satu jahat besar kabupaten seluruh Indonesia, POI berhasil mendapatkan dukungan dan antusias yang besar dari kabupaten-kabupaten di seluruh Indonesia.

Menurutnya, selain menjadi media promosi potensi kabupaten, kegiata ini juga menjadi wadah bagi para putri kabupaten untuk menunjukan bakan dan talentanya hingga ketingkat nasional.

“Ya tujuannya tentu bagaimana supaya bakat-bakat, talenta-talenta yang dimiliki putri-putri yang ada di kabupaten itu bisa tersalurkan ke tingkat nasional karena mereka ini kan selama ini sangat-sangat tertutup untuk dapat mengikuti panggilan-panggilan pemilihan putri sejenis di tingkat nasional,” kata dia. (*)

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *