Jokowi Respons soal MA Perintahkan KPU Hapus Batas Usia Calon Kepala Daerah hingga Apriyani Rahayu dan Siti Fadia Nyaris Adu Jotos

  • Share

JAKARTA, iNews.id – Presiden  Joko Widodo (Jokowi) yang merespons terkait putusan MA yang perintahkan KPU menghapus batas usia calon kepala daerah menjadi berita populer pada Jumat (31/5/2024). Terkait putusan itu, Jokowi pun meminta semua pihak bertanya langsung kepada MA atau pihak penggugat. Berita populer lainnya adalah Apriyani Rahayu dan Siti Fadia Nyaris Adu Jotos.

Berikut rangkuman berita populer pada Jumat (31/5/2024): 

 

1. Jokowi Respons soal MA Perintahkan KPU Hapus Batas Usia Calon Kepala Daerah

Presiden Jokowi merespons soal putusan Mahkamah Agung (MA) yang memerintahkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) menghapus aturan batas usia calon kepala daerah minimal 30 tahun. Terkait hal tersebut, Jokowi meminta seluruh pihak untuk menanyakan langsung kepada MA atau pihak penggugat. Jokowi mengaku membaca salinan putusan. 

Diketahui, MA mengabulkan permohonan Ketua Umum Partai Garuda, Ahmad Ridha Sabana tentang batas usia calon kepala daerah. Saat ini, calon kepala daerah tidak harus berusia minimal 30 tahun untuk mendaftar.

2. Apriyani Rahayu dan Siti Fadia Nyaris Adu Jotos

Ganda putri Indonesia Apriyani Rahayu-Siti Fadia Silva Ramadhanti hampir adu jotos ketika latihan menjelang Olimpiade Paris 2024. Mentor yang juga legenda bulu tangkis Tanah Air Greysia Polli angkat bicara. Apriyani menceritakan insiden dengan Fadia ketika latihan. 

Insiden terjadi karena Apriyani merasa latihan yang dijalani bersama Fadia tidak sesuai ekspetasi. Akibatnya, muncul kemarahan yang menbuat keduanya hampir adu jotos. Untungnya, keduanya berhasil menyelesaikan insiden itu dan kembali bersatu. Terkait hal tersebut, Greysia mengatakan permasalahan tersebut masih dalam lingkup aman. 

3. Coret Yance Sayuri, STY Panggil Malik Risaldi dan Nadeo Argawinata ke Timnas Indonesia

Pelatih Shin Tae-yong (STY) resmi memanggil winger Madura United, Malik Risaldi untuk menggantikan Yance Sayuri yang dicoret. Tak hanya itu, STY memanggil kiper Borneo FC Nadeo Argawinata. Hal tersebut diutarakan Ketua Badan Tim Nasional, Sumardji. 

Ia mengonfirmasi Yance Sayuri dipulangkan karena mengalami cedera saat latihan bersama Timnas Indonesia, Selasa (28/5/2024). Diketahui, Timnas Indonesia bersiap untuk laga persahabatan dan dua pertandingan di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

4. Heboh Iuran Tapera Potong Gaji Pekerja, Ternyata Gaji Komitenya Tembus Rp43 Juta!

Rencana pemotongan gaji pekerja oleh iuran Tapera menjadi topik yang ramai diperbincangkan. Hal tersebut menimbulkan kontra lantaran dinilai menambah beban pekerja. Diketahui, potongan tersebut sebesar 3 persen di mana 2,5 persen ditanggung oleh pekerja dan 0,5 persen ditanggung oleh pemberi kerja. Tetapi, tujuan pemotongan dinilai tidak efektif lantaran tidak semua orang membutuhkannya. 

Melansir laman resmi BP Tapera, ada lima anggota komite Tapera, yaitu Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah hingga profesional. Komite Tapera bertugas merumuskan dan menetapkan kebijakan umum dan strategis pengelolaan Tapera, mengevaluasi atas pengelolaan Tapera, termasuk pengawasan dan pelaksanaan tugas BP Tapera. Berdasarkan Pepres Nomor 9 Tahun 2023, besaran gaji komite Tapera sebagai beirkut:

1. Ketua Komite Tapera: Rp32.508.000

2. Anggota Komite Tapera unsur profesional: Rp43.344.000

3. Anggota Komite Tapera unsur menteri: Rp29.257.200

5. Hasil Drawing Piala AFF U-16 2024

Hasil drawing Piala AFF U-16 2024 selesai dilakukan pada Kamis (30/5/2024). Timnas Indonesia U-16 mendapat lawan mudah. Diketahui, Piala AFF U-16 2024 digelar pada 21 Juni-4 Juli 2024 di Solo, Jawa Tengah. Bermain di Indonesia, Indonesia mempunyai motivasi tambahan untuk bisa mempertahankan gelar yang diperolehnya pada 2022. Berikut hasil drawing Piala AFF U-16 2024:

– Grup A : Timnas Indonesia U-16, Laos, Filipina, Singapura

– Grup B : Vietnam, Myanmar, Kamboja, Brunei Darussalam

– Grup C : Thailand, Malaysia, Timor Leste, Australia

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *