Jokowi Ngevlog Usai Saksikan Timnas Indonesia Kalahkan Filipina

  • Share

Presiden Joko Widodo (tengah)menyaksikan laga timnas Indonesia melawan Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (11/6).(ANTARA/Dhemas Reviyanto)

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) membuat video blogging (vlog) menggunakan telepon genggam usai kemenangan timnas Indonesia atas Filipina dengan skor 2-0 di LAGA putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Selasa (11/6) malam.

Video yang kemudian diunggah di Instagram @jokowi tersebut, memperlihatkan Jokowi yang mengenakan kaos lengan panjang putih berada di salah satu tribun di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, tempat pertandingan tersebut berlangsung.

“Hari ini, kita menang 2-0,” kata Jokowi, yang kemudian mengarahkan kamera ponselnya ke penonton yang mendapat sambutan riuh dari para pencinta sepak bola tanah air itu.

Baca juga : Ragnar Oratmangoen Tegaskan Tekad Cetak Gol di GBK

Tidak lupa dalam unggahannya tersebut, Presiden Jokowi juga menyertakan pesan singkat atas kemenangan timnas Indonesia tersebut.

“Kemenangan yang luar biasa! Selamat untuk timnas Indonesia yang berhasil menaklukkan Filipina dengan skor 2-0! Dengan torehan ini, kita semakin dekat dengan impian kita untuk bisa bermain di Piala Dunia. Prestasi gemilang ini juga memastikan posisi kita di putaran final Piala Asia 2027. Terima kasih untuk kerja keras seluruh pemain, ofisial, dan dukungan dari semua masyarakat. Terus berjuang, Timnas Garuda!” ujar Jokowi.

Sebanyak dua gol Indonesia yang dicetak Thom Haye (31′) dan Rizky Ridho (55′) cukup membawa Garuda menempati posisi kedua klasemen akhir Grup F dengan 10 poin untuk lolos ke putaran ketiga sekaligus otomatis lolos ke Piala Asia 2027, menemani pemuncak klasemen Irak, yang sudah lolos terlebih dahulu.

Baca juga : Pelatih Timnas Filipina Mengaku Dapat Ancaman dari Pendukung Timnas Indonesia

Jumlah poin itu sudah tidak mampu dikejar Vietnam yang kini di posisi ketiga dengan enam poin, dengan apa pun hasil melawan Irak di Stadion Internasional Basra, Rabu (12/6) pukul 01.00 WIB, sudah tak berpengaruh pada nasib The Golden Stars di babak kualifikasi.

Indonesia pernah bermain di putaran final Piala Dunia 1938, tetapi saat itu masih bernama Hindia Belanda dan untuk format saat ini, Indonesia belum pernah melaju ke babak ketiga dengan laju terbaik sebelumnya terjadi pada kualifikasi Piala Dunia 1986, yaitu melaju ke putaran kedua.

Di putaran ketiga, Indonesia akan bersaing dengan 17 negara lainnya termasuk Jepang, Qatar, Korea Selatan, hingga Australia, untuk memperebutkan enam tempat lolos otomatis ke Piala Dunia 2026, yang akan dimainkan pertama kalinya di tiga negara, yaitu di Amerika Serikat (AS), Kanada, dan Meksiko.

Sebanyak 18 tim di putaran ketiga akan dibagi tiga grup yang diisi enam tim dengan dua tim teratas dari setiap grup otomatis lolos ke Piala Dunia 2026. (Ant/Z-1)

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *